Buteng Mudahkan Masyarakat Penerima BLT Kemensos

Bupati Buteng, H Samahuddin memberikan sambutan saat launching penyaluran BLT Kemensos di kantor Kecamatan Lakudo untuk penyaluran kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Kecamatan Lakudo, Jumat 15 Mei 2020. (Foto Istimewa)

LABUNGKARI, Rubriksultra.com– Bantuan Langsung Tunai (BLT) Kemensos sebagai dampak Covid-19 di Kabupaten Buton Tengah (Buteng) mulai disalurkan. Pemerintah setempat pun memastikan masyarakatnya tak terbebani terkait pencairan bantuan itu.

Langkah yang ditempuh Pemkab Buteng yakni dengan mendatangkan langsung petugas PT POS Indonesia sebagai salah satu wadah pencairan bantuan. Petugas akan ditempatkan di seluruh kecamatan yang ada.

- Advertisement -

Penyaluran BLT Kemensos dengan mendatangkan petugas PT POS ini resmi dilaunching Bupati Buteng, H Samahuddin di kantor Kecamatan Lakudo untuk penyaluran kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Kecamatan Lakudo, Jumat 15 Mei 2020.

Sementara untuk penyaluran BLT Kemensos di kecamatan lainnya, dipercayakan kepada camat masing-masing untuk diterimakan kepada KPM di wilayahnya.

Bupati Buteng, H. Samahuddin mengatakan, BLT Kemensos akan diterima secara bertahap selama tiga bulan. Masing-masing KPM mendapatkan Rp 600 ribu setiap tahapnya.

Bantuan ini sebagai dampak Covid-19. Olehnya, harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk memenuhi kebutuhan pokok.

Orang nomor satu di Buteng ini mengingatkan, bila masyarakat sudah mendapat BLT Kemensos maka tidak bisa lagi menerima BLT dari Dana Desa.

“Tidak boleh terima dobol agar semua masyarakat menikmati secara merata. Pemerintah akan selalu hadir memberikan bantuan. Syukuri bantuan ini,” tukasnya.

H. Samahuddin menjelaskan, banyak jenis bantuan yang akan disalurkan pemerintah selain BLT Kemensos. Mulai dari Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Lansia, dan Bantuan BLT Dana Desa.

Kadis Sosial Buteng, Malik mengatakan, penyaluran BLT Kemensos melalui Kantor Pos akan memudahkan KPM. Para KPM tidak perlu datang mengantre di Kantor Pos, tetapi pihak Kantor Pos yang datang di kecamatan dan diterimakan satu tempat.

“Hari ini Pak Bupati yang melaunching penyalurannya di Kecamatan Lakudo, selanjutnya akan diikuti kecamatan lainnya,” katanya.

Baca Juga :  Satpol PP Buteng Bina Pelaku Usaha Hiburan dan Penginapan

Malik menegaskan, bagi KPM yang sudah menerima BLT Kemensos ini, maka tidak bisa lagi menerima BLT-DD di desanya masing-masing. Semua harus dibagi agar yang menerima bantuan dampak Covid-19 ini dapat merata di semua lapisan masyarakakat.

Diketahui terdapat 8.069 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kabupaten Buteng tercatat sebagai penerima BLT Kemensos ini. Dari jumlah itu, sebanyak 1.154 KPM diterima melalui Bank BRI dan BNI yang dikirim ke rekening masing-masing. Sisanya, 6.915 KPM disalurkan melalui Kantor Pos dan Giro. (adm)

Facebook Comments