Tujuh Tambahan Positif Covid-19 di Baubau Didominasi Tenaga Kesehatan

Juru bicara Gugus Tugas percepatan penanganan covid-19 Kota Baubau dr Lukman, Sp.PD didampingi Kalaksa BPBD Kota Baubau La Ode Muslimin Hibali, SE, M.Si dan Kadis Kesehatan Kota Baubau Dr Wahyu dalam jumpa pers di Sekber gugus tugas percepatan penanganan covid-19 Kota Baubau Jl Dayanu Ikhsanuddin Rabu (27/5). (FOTO ISTIMEWA)

BAUBAU, Rubriksultra.com – Pasien positif covid-19 di Kota Baubau kembali bertambah 7 (tujuh) orang yang dinyatakan terkonfirmasi positif covid-19. Ketujuh pasien yang dinyatakan positif covid-19 tersebut didominasi oleh tenaga kesehatan (Nakes).

Hal ini diungkapkan oleh juru bicara gugus tugas percepatan penanganan covid-19 Kota Baubau dr Lukman, Sp.PD didampingi Kalaksa BPBD Kota Baubau La Ode Muslimin Hibali, SE, M.Si dan Kadis Kesehatan Kota Baubau Dr Wahyu dalam jumpa pers di Sekber gugus tugas percepatan penanganan covid-19 Kota Baubau Jl Dayanu Ikhsanuddin Rabu (27/5).

- Advertisement -

Menurut dr Lukman, selama ini tenaga kesehatan (Nakes) adalah merupakan garda terdepan yang berjibaku melakukan penanganan terhadap pasien yang terkonfirmasi positif covid-19. Oleh sebab itu, dengan adanya hal ini maka pihaknya mengingatkan kepada semua dokter kepada semua tenaga kesehatan yang bertugas di garis depan untuk selalu memperhatikan tahapan tahapan penggunaan Alat Pelindung Diri (APD), dan selalu hati-hati dalam pelepasan APD.

Disamping itu, agar selalu menerapkan kewaspadaan tingkat tinggi, tetap berpasangan dalam melepas APD terutama dan saling membantu selalu memanfaatkan waktu-waktu luang, waktu istirahat setelah lepas jaga tetap terapkan protokol kesehatan.

Sedangkan bagi masyarakat menurut dr Lukman, diharapkan untuk tetap berpartisipasi aktif dan selalu menjalankan protokol kesehatan. Sementara untuk pasien yang sedang dalam perawatan agar tetap bersabar dan secepatnya akan dilakukan langkah-langkah untuk follow up kesembuhan pasien.

Lebih lanjut dijelaskan dokter ahli spesialis penyakit dalam ini, berdasarkan hasil laporan PCR yang diterima gugus tugas percepatan penanganan covid-19 Kota Baubau, pasien 02 yang sudah menjalani perawatan di RSUD Baubau dan sudah 2 kali dilakukan swab dinyatakan sembuh atau negative.

Kemudian, tujuh orang yang dinyatakan terkonfirmasi positif covid-19 yakni pasien 08 wanita 31 tahun, pasien 09 wanita inisial 44 tahun, pasien 010 wanita usia 38 tahun, pasien 011 wanita 33 tahun, pasien 012 wanita 36 tahun, pasien 013 wanita 34 tahun, pasien 014 Laki-Laki .

Baca Juga :  Jelang Hari Pramuka, Ka Kwarcab Baubau Ziarahi 12 Makam Tokoh Pramuka

“Total pasien yang positif covid-19 di Kota Baubau berjumlah 14 orang, 11 orang yang kini menjalani perawatan dan 3 orang sudah dinyatakan sembuh dan sudah pulang ke rumah,” jelasnya.

Sementara itu. dengan bertambahnya pasien positif covid-19 di Kota Baubau dan sembuh 1 orang maka jumlah sebaran data covid-19 juga mengalami perubahan pada Rabu (27/5) yakni OTG 90, ODP, 13 dan jumlah PDP 3. (adm)

Facebook Comments