10 Orang Sembuh di Sultra, Tiga Positif Baru

Data penanganan kasus Covid-19 Sultra per Sabtu 20 Juni 2020 pukul 17.00 WITa. (Foto Istimewa)

KENDARI, Rubriksultra.com- Gugus Tugas Covid-19 Sultra melaporkan kabar baik mengenai penanganan Covid-19 di Bumi Anoa. Hari ini, tercatat ada 10 kasus terkonfirmasi positif yang dinyatakan sembuh.

“Hari ini terjadi peningkatan kasus sembuh sebanyak 10 orang, sehingga total kasus sembuh kita menjadi 214 orang atau 65,54 persen,” jelas Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Sultra, dr La Ode Rabiul Awal dalam rilisnya, Sabtu 20 Juni 2020.

- Advertisement -

Kasus sembuh ini terdiri dari Kabupaten Kabupaten Kolaka Timur empat orang, Kabupaten Buton Tengah empat orang dan Kota Baubau dua orang.

Meski begitu, dr La Ode Rabiul Awal juga melaporkan adanya tiga tambahan kasus baru. Sehingga total kumulatif kasus terkonfirmasi positif menjadi 332 orang.

Kasus baru terdiri dari Kota Kendari satu orang. Kasus ini ditemukan dari keperluan untuk melakukan perjalanan, saat rapid tes reaktif dilanjutkan pemeriksaan swab dan hasilnya positif.

Dua kasus lainnya dari Kota Baubau. Ini bagian program skrening dan deteksi yang dilakukan Gugus Tugas Kota Baubau yang kemudian dilakukan swab dan hasilnya positif.

“Ketiga kasus ini dikategorikan sebagai kasus sporadis karena transmisi atau asal penularan belum bisa diketahui,” katanya.

Sementara untuk kasus meninggal tidak ada penambahan atau tetap lima orang atau 1,50 persen. Dengan begitu, pasien yang menjalani perawatan, isolasi atau karantina berjumlah 113 orang.

Ketua IDI Sultra ini menjelaskan, gambaran kasus di Sultra masih berfluktuasi. Ini menandakan penularan masih tetap terjadi dan status pandemi belum berakhir.

Olehnya itu, menuju transisi normal baru dalam upaya kegiatan masyarakat yang produktif atau dalam pelayanan kepentingan masyarakat untuk tetap patuh kepada protokol kesehatan.

“Kepada gugus tugas provinsi maupun kabupaten kota untuk terus melakukan edukasi, penncegahan, penelusuran, dan deteksi di daerahnya masing-masing agar penularan bisa segera kita kendalikan atau dihentikan,” katanya. (adm)

Facebook Comments
Baca Juga :  Satu Pasien Positif Corona di Rumah Sakit Bahteramas Meninggal Dunia