Andi Nirwana Sebbu Sosialisasi Empat Pilar di Bombana

Suasana sosialisasi empat pilar oleh Anggota DPD RI, Andi Nirwana Sebbu kepada pengurus PKK di Bombana. (Foto Agus)

RUMBIA, Rubriksultra.com- Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD-RI), Andi Nirwana Sebbu menggelar sosialisasi Empat Pilar ke pengurus PKK se-Kabupaten Bombana. Sosialisasi bertujuan untuk memberi pemahaman kepada masyarakat tentang nilai-nilai yang terkandung dalam empat pilar MPR.

Empat pilar yang disosialisasikan yakni Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, Undang-Undang Dasar negara Republik Indonesia tahun 1945 sebagai kontitusi negara, NKRI sebagai bentuk negara dan Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

- Advertisement -

Sosialisasi yang diikuti oleh pengurus PKK se-Kabupaten Bombana ini dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat secara virtual/video confrence.

Dalam sambutannya, Andi Nirwana Sebbu yang juga menjabat Ketua PKK Kabupaten Bombana ini mengatakan, nilai Pancasila harus dipahami dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu contoh, nilai ketuhanan yang ada pada sila pertama Pancasila.

Kata dia, sila pertama sejalan dengan program pertama pada 10 program PKK yakni pengamalan dan penghayatan Pancasila.

“Dalam sila tersebut mengajarkan kita bahwa pada masa pandemi ini merupakan bentuk ujian dari Allah SWT. Jadi harus percaya bahwa apapun yang terjadi di dunia ini adalah kehendak Ilahi, tentu harus terima dengan sabar dan ikhlas,”tuturnya.

Namun, tetap harus berikhtiar serta berusaha menghindari penyebaran Covid-19 dengan mematuhi protokol kesehatan.

“Jangan kita berlaku egois dan tidak mengindahkan protokol kesehatan, yang pada akhirnya membahayakan kita dan juga orang lain,” bebernya.

“Begitu juga pada sila Persatuan pada Pancasila, mengajarkan kita untuk peduli, empati untuk membantu sesama, sikap gotong royong dan bersatu dalam hadapi Pandemi Covid-19,” tambahnya.

Diakhir sambutannya, Ia berpesan dengan sosialisasi tersebut khususnya untuk ibu-ibu pengurus PKK se-Bombana bisa menambah wawasan pengetahuan sebagai modal dalam masyarakat dan bernegara.

Baca Juga :  Pelajar Asal Bombana Meninggal Terlindas Truck Muatan Material

“Saya sampaikan terima kasih kepada seluruh pengurus PKK Se- Kabupaten Bombana yang telah meluangkan waktunya, juga semua pihak yang terlibat di acara ini sehingga berjalan dengan baik,”pungkasnya

Bupati Bombana H. Tafdil yang turut hadir dan membuka acara itu dalam sambutanya mengatakan, masyarakat kini mengalami perubahan yang cukup besar dengan kuatnya arus teknologi dan semakin canggihnya orang dalam berkomunikasi. Semua perubahan itu tentu sangat mempengaruhi empat pilar kebangsaan.

Olehnya itu, kata Tafdil, dengan hadirnya anggota DPD dalam mensosialisasikan Empat Pilar tersebut bisa memberikan pemahaman kepada seluruh peserta yang hadir terutama ibu-ibu PKK agar penting dikuatkannya dan diterapkannya Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Saya pikir pancasila ini harus dikuatkan karena pancasila ini lahir bersamaan lahirnya bangsa kita ini,” pungkasnya. (adm)

Peliput : Agus. S

Facebook Comments