Kebakaran di Tanganapada Baubau, tak Ada Korban Jiwa

626
Petugas Damkar Kota Baubau saat berusaha memadamkan api yang menghanguskan satu buah rumah di Kelurahan Tanganapada, Senin 13 Juli 2020. ( Foto Ady)

BAUBAU, Rubriksultra.com- Kebakaran terjadi di jalan KH. Ibrahim Kelurahan Tanganapada, Kecamatan Murhum, Kota Baubau sekira pukul 14.55 WITa, Senin 13 Juli 2020. Satu buah rumah dilaporkan rata dengan tanah.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Kota Baubau, MZ. Tamsir Tamim di lokasi kejadian menjelaskan, bila informasi kebakaran diterima pihaknya pada pukul 14.55 WITa.

“Setelah mendapat informasi kami langsung bergegas ke lokasi. Kurang lebih enam menit sampai di lokasi dan kami berhasil menjinakkan kobaran api sekitar 15 menit dengan mengerahkan tiga unit mobil damkar,” jelasnya.

Kata dia, terdapat satu buah rumah milik La Bahagia rata dengan tanah. Api cepat menghabiskan rumah dan sempat menjalar ke rumah tetangga lantaran berbahan dasar kayu.

Kendati begitu, sumber api belum dapat dipastikan. Saat ini Anggota Polsek Murhum masih melakukan penyelidikan.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam insiden ini. Kerugian materil ditaksir puluhan juta rupiah.

Awak Rubriksultra.com mencoba menggali informasi lebih lanjut. Dari beberapa warga sekitar kejadian, api disadari pertama kali bersumber dari rumah papan milik La Bahagia, namun pemicu kebakaran belum dapat dipastikan.

“Saat semua bergegas lari ambil air, tiba-tiba apinya sudah makin besar dan melahap rumah. Kejadiannya cepat,” kata sejumlah warga menceritakan.

Namun begitu beberapa warga mengaku dalam beberapa hari ini kerap ditemukan anak-anak masuk merokok kedalam rumah kosong tersebut.Diduga kebakaran karena puntung api rokok itu.

“Sudah sering saya lihat anak-anak masuk merokok didalam rumah kosong itu. Karena sempat itu malam waktu duduk diluar rumah, saya menghirup asap rokok berasal dari rumah kosong itu,” ungkap tetangga rumah yang masih trauma ini.

Rumah papan itu ternyata belum setahun dibangun. Namun dibiarkan kosong karena yang tinggali anak sekolah. Aliran listriknya pun disambung ke rumah tetangga. (adm)

Baca Juga :  Kemenhut Identifikasi Hutan di Baubau yang Bisa Jadi Milik Warga

Penulis : Ady

Facebook Comments