Positif di Sultra Bertambah Tujuh Orang

Data sebaran penanganan kasus Covid-19 di Bumi Anoa, Senin 13 Juli 2020. (Foto Istimewa)

KENDARI, Rubriksultra.com- Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Sulawesi Tenggara (Sultra) masih bertambah. Dilaporkan ada tambahan tujuh kasus baru hari ini, Senin 13 Juli 2020.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Sultra, dr La Ode Rabiul Awal mengatakan, dengan tambahan ini maka total kasus terkonfirmasi positif kini berjumlah 518 orang.

- Advertisement -

Tambahan enam kasus baru ini, masing-masing Kota Baubau enam orang dan Kabupaten Muna satu orang.

Sementara untuk kasus sembuh hanya bertambah satu orang sehingga keseluruhan menjadi 336 orang. Kasus sembuh dari Kabupaten Wakatobi.

“Untuk kasus meninggal tetap sembilan orang. Pasien yang menjalani perawatan, isolasi atau karantina berjumlah 173 orang,” katanya.

dr La Ode Rabiul Awal terus mengingatkan bila pandemi Covid-19 belum berakhir. Olehnya, kepada jajaran gugus tugas baik provinsi maupun kabupaten kota agar tidak lengah, selaluu siaga dan tetap melakukan deteksi dan penelusuran di daerah masing-masing.

Kepada masyarakat untuk menjaga dan melindungi diri agar terhindar dari potensi tertular. Tidak ada yang bisa menjaga sebaik diri sendiri karena menyangkut kebiasaan hidup sehari-hari.

Ketua IDI Sultra ini mengajurkan tujuh kebiasaan atau perilaku agar terhindar dari potensi tertular atau menjadi penular.

Diantaranya selalu gunakan masker, menjaga kebersihan diri atau selalu cuci tangan, jaga jarak dengan siapapun, menjaga etika batuk dan bersin, menjaga kesehatan umum, segera isoalsi atau batasi interaksi dengan daerah sekitar bila ada gejala kurang sehat dan segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat.

“Dengan begitu kita telah berusaha menjaga diri sendiri, menjaga keluarga, menjaga orang terdekat kita dan menjaga saudara kita yang lain,” katanya. (adm)

Facebook Comments
Baca Juga :  Liga Media Kendari Pos, 15 Tim Adu Bakat