Pangkalan Angkatan Laut Bakal Dibangun di Baubau

Wali Kota Baubau, Dr AS Tamrin (tengah) berpose bersama Danlanal Kendari (kanan) di kantor Wali Kota Baubau, Rabu 15 Juli 2020. ( Foto Ady)

BAUBAU, Rubriksultra.com- Pemerintah Kota Baubau mendukung rencana pembangunan angkatan laut. Dukungan itu diberikan saat Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Kendari, Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia bertemu Wali Kota Baubau, Dr H AS Tamrin di kantor Wali Kota Baubau, Rabu 15 Juli 2020.

“Kita sangat mendukung penuh rencana tersebut. Hal itu sejalan dengan Pos Angkatan Laut Baubau yang akan ditingkatkan statusnya,” kata Wali Kota Baubau, Dr AS Tamrin kepada awak media.

- Advertisement -

Dr AS Tamrin menyadari meningkatnya status Pos Angkatan Laut di Kota Baubau harus didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai. Utamanya mengenai lokasi pembangunan pangkalan.

Orang nomor satu di Baubau ini memastikan pembahasan rencana pembangunan pangkalan tersebut bukan sebuah wacana.

“Kita tentu akan mengusahakan keadaan lokasinya agar mereka nyaman juga untuk beraktifitas,” ungkapnya.

Dikatakan, penentuan lokasi nanti bakal melihat lokasi strategis yang layak ditempati dari aspek angkatan laut. Lokasi yang dituju akan ditinjau lebih dahulu.

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Kendari, Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia mengatakan, selain kunjungan kerja dan silaturahmi bersama Wali Kota Baubau serta lingkup OPD di Baubau, kedatangannya juga dalam rangka membahas pembangunan pangkalan angatan laut.

“Pembahasan ini merupakan lanjutan pembicaraan sebelumnya soal peningkatan status. Pak wali menyampaikan akan diberi peningkatan status menjadi lanal pangkalan angkatan laut dinaikan statusnya, hal itu juga mengacu pada Baubau bakal menjadi Provinsi,” katanya.

Menurut Kolonel Andike, langkah yang diambil Wali Kota Baubau sudah pantas dan memang suatu keharusan karena potensi laut Baubau memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

“Makanya itu harus ada pangkalan angkatan laut yang tingkat statusnya lanal tipe B dimana nanti akan mendukung sinergitas Pemprov dan Forkopimda lainnya. Mohon doanya agar semua bisa lancar seluruhnya,” tandasnya. (adm)

Baca Juga :  Cegah Penyebaran Corona, ASN di Baubau Kerja di Rumah

Penulis: Ady

Facebook Comments