Gegara Corona, Bantuan Wirausaha Pemula di Baubau Tertunda

H. Yakub

BAUBAU, Rubriksultra.com- Bantuan untuk wirausaha pemula di Kota Baubau dari Kementerian Koperasi dan UKM ditunda. Bantuan ini terpaksa tertunda akibat pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Baubau, H. Yakub mengaku sudah mengusulkan dana bantuan tersebut ke kementerian pada 2020. Namun karena wabah Covid-19 sehingga semua anggaran dialihkan.

- Advertisement -

“Semua ditangguhkan tahun ini. Tapi 2021 kita akan kembali usulkan lagi,” katanya.

Kata H. Yakub, sebelumnya pada 2019 bantuan serupa telah dikucurkan kepada 16 wirausaha pemula di Kota Baubau. Mulai dari bidang kuliner hingga ekonomi kreatif.

Masing-masing wirausaha pemula mendapat porsi anggaran yang berbeda sesuai dengan keperluan masing-masing usaha. Bantuan mulai dari Rp 11 juta hingga paling tinggi Rp 13 juta.

Namun, dari 16 wirausaha muda yang direalisasi tersebut, sembilan diantaranya tidak memenuhi syarat mendapat bantuan tersebut untuk membangun usahanya.

“Kita sudah sampaikan untuk dilengkapi syaratnya tapi mereka tidak juga penuhi persyaratannya,” katanya.

Untuk mendapat bantuan ini, wirausaha perlu mengikuti beberapa tahapan. Diantaranya mengikuti pelatihan yang diadakan instansi teknis.

“Dari situ kita keluarkan sertifikat.Kemudian ada syarat administrasi lain, namun terpenting memiliki NPWP dan buku tabungan karena bantuannya langsung dikirim ke rekening mereka. Kami hanya bisa mengevaluasi bantuan itu apakah sesuai proposal yang diusulkan atau tidak,”terangnya. (adm)

Penulis: Ady

Facebook Comments
Baca Juga :  Wali Kota Baubau Launching Rumah Sehat Terpusat