Kelurahan Kaisabu Baru Jadi Kampung KB

Wali Kota Baubau, Dr AS Tamrin saat meresmikan Kelurahan Kaisabu Baru, Kecamatan Sorawolio menjadi Kampung Keluarga Berkualitas (KB) yang ke-10, Senin 10 Agustus 2020. (Foto Ady)

BAUBAU, Rubriksultra.com- Kelurahan Kaisabu Baru, Kecamatan Sorawolio resmi dicanangkan menjadi Kampung Keluarga Berkualitas (KB) yang ke-10. Pencanangan diresmikan langsung Wali Kota Baubau, Dr AS Tamrin, Senin 10 Agustus 2020.

Kata AS Tamrin, dasar kualitas suatu daerah dibentuk dari keluarga. Olehnya, pencanangan kampung KB harus lahir dari sinergitas masyarakat bersama semua stakeholder di semua sektor.

- Advertisement -

“Kalau ada kekurangan masyarakat dari segi pendidikan tinggal dikomunikasikan bersama Dinas Pendidikan Baubah, begitu juga dalam mengembangkan SDM dari sektor pertanian, bisa dikomunikasikan pula,” katanya.

Dr AS Tamrin meminta peran ini tak hanya menjadi tugas BKKBN. Namun semua elemen harus berkolaborasi dalam upaya memajukan kampung berkualitas yang tangguh.

“Sebut saja sektor pertanian, dorong itu masyarakat buat pertanian, dorong berkebun. Jangan hanya tahu pergi beli sayur di mol sana,” katanya.

Perwakilan Kepala BKKBN Sulawesi Tenggara, Asmar mengatakan, tujuan dibentuknya Kampung KB untuk meningkatkan kualitas suatu daerah.

Asmar mencontohkan soal masih adanya masyarakat putus sekolah. Kondisi ini harus menjadi perhatian serius agar dapat dikoordinasikan dengan pihak terkait.

“Masih banyak permasalahan lainnya, olehnya kita harapkan bersama agar kampung ini bisa cepat maju, bisa menjadi kampung percontohan terbaik kalau bisa se-Indonesia,” katanya.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP2KB) Baubau, Suarmawati menambahkan, kampung KB itu merupakan implementasi dari program bangga kencana dimana sifatnya wajib untuk dilaksanakan.

Kata dia, sejak 2018 hingga kini telah terbentuk 10 kampung KB di Baubau. Kelurahan Kaisabu Baru menjadi kampung KB ke-10.

“Tentu Kelurahan Kaisabu Baru telah memenuhi syarat dan kriteria yang dibutuhkan,” ungkapnya.

Pantauan media ini Wali Kota Baubau sekaligus memberikan piagam pemenang lomba kampung KB dan membuka langsung secara resmi kelompok usaha peningkatan pendataan keluarga sejahtera (UPPKS) Kecamatan Sorawolio. (adm)

Baca Juga :  Warga Protes Praktek Monopoli Tambang Batu Gamping di Sorawolio

Penulis ; Ady

Facebook Comments