Kesadaran Protokol Kesehatan di Baubau Masih Minim

La Ode Ahmad Monianse

BAUBAU, Rubriksultra.com- Wakil Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse menyebut standarisasi penerapan protokol kesehatan di Kota Baubau masih sangat minim. Akibatnya, jumlah kasus terkonfirmasi terus bertambah.

“Masih sangat jauh dari harapan, perlu dilakukan perbaikan strategi baik pencegahan maupun penanganan virus corona,” kata La Ode Ahmad Monianse di kantor Wali Kota Baubau, Senin 17 Agustus 2020.

Kata dia, pesan Wali Kota Baubau, Dr AS Tamrin soal penerapan disiplin protokol kesehatan harus diutamakan. Seperti menjaga jarak, wajib pakai masker dan rajin cuci tangan.

“Ini menjadi kunci utama. Kita sudah tidak boleh menjadikan petugas kesehatan menjadi garda terdepan, tapi garda terdepan itu justru masyarakat. Kalau bergantung pada tenaga kesehatan, ya seperti inilah jadinya (Kasus terus bertambah),” katanya.

Tingginya angka Covid-19 di Kota Baubau harus dijadikan sebagai dasar untuk kembali mengintropeksi dan memperbaiki pola hidup.

Ketua DPC PDI Perjuangan Baubau ini tidak menampik kalau peningkatan penularan kasus positif corona saat ini lebih banyak disebabkan transmisi lokal. Bahkan, Gugus Covid-19 Baubau sudah tidak dapat lagi mendeteksi asal mula penularan Covid-19 yang terjadi.

“Kita sudah tidak bisa lagi menebak dia klaster mana sehingga kemungkinan transmisi lokal itu sudah terjadi di Kota Baubau. Olehnya kewaspadaan perlu diperhatikan,” katanya. (adm)

Penulis: Ady

Facebook Comments
Baca Juga :  Berkas Dugaan Kasus Korupsi TPI Wameo Lengkap