Dinkes Baubau Usul Pengadaan Alat PCR

Dr Wahyu

BAUBAU, Rubriksultra.com- Dinas Kesehatan Kota Baubau mengusulkan pengadaan alat Polymerase Chain Reaction (PCR). Alat pemeriksaan laboratorium ini berguna untuk mendeteksi keberadaan material genetik dari bakteri maupun virus.

Kepala Dinkes Baubau, Dr Wahyu mengatakan, usulan pengadaan alat PCR ini disetujui pada 2021 mendatang. Sebab alat yang didatangkan ini membutuhkan proses yang cukup lama.

- Advertisement -

“Selain alat PCR, ada juga beberapa program lain. Antara lain pengadaan paket family kit dan pengadaan alat-alat non merkuri,” kata Dr Wahtu usai rapat di kantor Bappeda Baubau, Rabu 19 Agustus 2020.

Kata dia, paket family kit belum pernah diadakan di Kota Baubau dan diperuntukkan untuk masyarakat yang terdampak bencana. Paket berisi alat kebersihan, pakaian serta perabot darurat.

“Jadi masyarakat yang terdampak bencana atau wabah sampai dia tidak memiliki apa-apa akan diberikan paket ini. Semisal bencana banjir menyapu kediamannya, itu yang pantas diberi paket family kit yang isinya mulai dari alat mandi, selimut, vitamin, kebutuhan perempuan dan yang lainnya,” katanya.

Untuk pengadaan ketiga program tersebut diakuinya telah diamini saat rapat. Family kit dianggarkan pada perubahan APBD 2020 dan pengadaan alat non merkuri akan dilakukan bertahap.

“Sementara untuk alat PCR tadi pengadaannya disetujui tahun 2021 karena alatnya masih butuh proses,” tutupnya. (adm)

Penulis: Ady

Facebook Comments
Baca Juga :  60 Motif Tenunan Baubau Miliki HAKI