Potensi Kerawanan Pilkada Butur Sudah Dipetakan

Rapat koordinasi persiapan pengawasan pendaftaran calon Bupati dan Wakil Bupati Butur di aula hotel Sara'ea, Kecamatan Kulisusu pada Sabtu, 29 Agustus 2020. (Foto Sri)

BURANGA, Rubriksultra.com- Pihak kemananan yang terdiri dari unsur TNI/Polri dibantu Satpol PP Kabupaten Buton Utara (Butur) siap mengamankan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Butur pada 9 Desember 2020 mendatang. Sejumlah titik yang dianggap rawan sudah dipetakan.

Kesiapan ini tercetus dalam rapat koordinasi persiapan pengawasan pendaftaran calon Bupati dan Wakil Bupati Butur yang diselenggarakan Bawaslu Butur di aula hotel Sara’ea, Kecamatan Kulisusu pada Sabtu, 29 Agustus 2020.

- Advertisement -

Dandim 1429 melalui Kasdim 1429 Butur, Mayor Inf. Prasetya mengaku pihaknya telah siap mengamankan Pilkada Butur. Anggota sudah memahami siatuasi dan keadaan di wilayah Butur, termasuk titik-titik yang dianggap rawan.

Untuk membantu pengamanan, pihaknya juga akan mendatangkan prajurit 725 yang akan ditempatkan dibeberapa titik rawan yang dimaksud.

“Sebenarnya kita tidak perlu khawatir dalam situasi politik selagi masih dalam koridor hukum,” katanya.

Mayor Inf. Prasetya mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar dewasa dalam berpolitik sehingga tidak merusak silaturahmi kehidupan antar sesama.

“Jangan bermusuhan karena pilkada, sebab setelah moment itu selesai kita akan kembali hidup bersama dengan tujuan yang sama untuk Butur yang lebih baik,”jelasnya.

Kapolres Butur melalui Kabag Ops Polres Butur, AKP Suriadin meminta kepada seluruh pihak agar bersama-sama bertanggung jawab menjaga situasi keamanan di wilayah Butur. Dengan begitu tercipta pilkada yang aman, damai, sukses dan nyaman serta tetap berada di koridor undang-undang yang sesuai mekanisme.

“Yang menentukan keamanan adalah kedewasaan masyarakat dalam menghadapi politik,”ucapnya.

Mantan Kapolsek Gu Polres Baubau ini mengungkapkan, kepolisian juga akan mendatangkan prajurit untuk membantu pengamanan Pilkada Butur.

“Polri dan TNI akan saling membackup untuk ditempatkan di beberapa titik perbatasan,” terangnya.

Dikarenakan saat ini dunia sedang diperhadapkan dengan bencana non alam, AKP Suriadin terus meminta kepada masyarakat agar anjuran protokol kesehatan tetap dijalankan. (adm)

Baca Juga :  Laporan SIPS Bawaslu Butur Terbaik di Sultra

Penulis : Sri

Facebook Comments