BPS Baubau Terjunkan 125 Petugas Sensus

Pelepasan petugas sensus dilaksanakan di pelataran kantor BPS Baubau, Senin 31 Agustus 2020. (Foto Ady)

BAUBAU, Rubriksultra.com- Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Baubau melepas 125 orang petugas sensus penduduk 2020. Pelepasan dilaksanakan di pelataran kantor BPS Baubau, Senin 31 Agustus 2020.

Kepala BPS Baubau, Sudirman mengatakan, petugas sensus mulai aktif bertugas pada Selasa, 1 September 2020. 125 petugas ini sebelumnya sudah melaksanakan rapid tes untuk memastikan tidak ada yang terpapar Corona.

- Advertisement -

Hasil rapid tes 125 petugas ini non reaktif. Sebelumnya, kata dia, memang ada empat orang yang reaktif namun sudah diganti dengan petugas baru sehingga masyarakat tidak perlu ragu ketika didatangi petugas sensus.

“Artinya kita tidak akan turunkn petugas yang reaktif demi keamanan masyarakat,” katanya.

Kata Sudirman, 125 petugas sensus yang resmi dilepas terdiri dari 89 orang petugas mitra sedang sisanya pegawai BPS Kota Baubau.

“Jadi 89 orang itu bertugas sebagai pencacah sedang pegawai BPS menjadi koordinator pengawas di masing-masing kecamatan dan petugas penjamin kualitas,” katanya.

Sudirman menjelaskan, sistem kerja petugas di lapangan dengan melakukan pencacahan per RT. Tiap petugas memiliki beban maksimal 600 kepala keluarga atau maksimal 10 RT.

“Petugas penjamin kualitas dan koordinator kecamatan juga akan ikut membantu. Tergantung muatan masyarakatnya di masing-masing kecamatan,” katanya.

Dalam melaksanakan sensus, petugas dilengkapi Alat Pelindung Diri (APD) seperti face shield, masker, kaos tangan, dan hand sanitizer. Bila ada petugas yang tidak memakai APD maka masyarakat boleh menolak.

“Namun kami minta masyarakat untuk berperan aktif. Dengan begitu, kita bisa menciptakan satu data kependudukan yang lebih baik,” katanya. (adm)

Penulis: Ady

Facebook Comments
Baca Juga :  GOR dan Kolam Renang Porprov Sultra Belum Siap, Pemkot Baubau bakal Bersurat ke KONI Sultra