World Cleanup Day 2020, Pemuda Kadolomoko Baubau Bersih-bersih Pantai

Peringatan World Cleanup Day 2020 di sepanjang pesisir pantai Kelurahan Kadolomoko, Kecamatan Kokalukuna, Kota Baubau, Sabtu 19 September 2020. (Foto Syahrir)

BAUBAU, Rubriksultra.com- Pemuda Kelurahan Kadolomoko yang tergabung dalam Komunitas Sadar Wisata (Pokdarwis) Kadolomoko bersama Komunitas Pemerhati Laut melakukan aksi bersih-bersih pantai. Kegiatan untuk memperingati World Cleanup Day 2020 itu dilakukan di sepanjang pesisir pantai Kelurahan Kadolomoko, Kecamatan Kokalukuna, Kota Baubau, Sabtu 19 September 2020.

Lurah Kadolomoko, Wa Ode Nurhayati sangat mengapresiasi inisiatif dan kesadaran kedua komunitas ini. Menurutnya, hal ini berdampak baik bagi lingkungan Kadolomoko.

- Advertisement -

“Semoga kegiatan ini berdampak baik, terutama bagi laut kita,” Kata Wa ode Nurhayati.

Wa Ode Nurhayati berharap hadirnya Pokdarwis bisa melahirkan ide-ide krearif dan inovatif demi menjadikan Kelurahan Kadolomoko sebagai daerah pengembangan obyek wisata Kota Baubau.

“Kita tengah melakukan penguatan kelembagaan terhadap Pokdarwis ini. Melalui penguatan kelembagaan, ide-ide kreatifnya bisa dilaksanakan dengan dukungan penuh baik dari pemerintah Kelurahan Maupun Pemda, sehingga sektor UKM dan juga sektor lainnya berjalan,” katanya.

Ketua Pokdarwis Kadolomoko, Ilman Jaya Mahuri mengungkapkan, untuk mengatasi sampah di Kota Baubau diperlukan kesadaran bersama dari seluruh elemen masyarakat.

“Karena Pemkot Baubau tidak bisa berjalan sendiri tanpa ada bantuan dari seluruh masyarakat,” katanya.

Ilman mengatakan, selain bersih-bersih pantai, pihaknya juga membagikan masker kepada seluruh masyarakat yang tengah mengunjungi jembatan terapung. Hal ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat agar tidak membuang sampah ke laut serta mematuhi protokol kesehatan.

“Semoga dengan edukasi yang kami berikan, masyarakat lebih peduli untuk membuang sampah pada tempatnya. Terlebih bagi kelangsungan hidup biota laut,” ungkapnya.

Ketua Komunitas Pemerhati Laut, Nur Ikhsan menjelaskan, menjaga kebersihan laut sangatlah penting. Olehnya, langkah ini dilakukan untuk memerangi masalah limbah padat global, termasuk masalah sampah laut.

“Kita mengumpulkan sampah yang terdiri dari sampah organik, sampah anorganik dan sampah residu plastik. Sampah-sampah yang dibersihkan ini kemudian nantinya akan ditimbang,” katanya.

Baca Juga :  Baubau Raih Anugerah STBM Award dari Kemenkes

Nur Ikhsan berharap masyarakat Kota Baubau khususnya Kelurahan Kadolomoko ke depan agar semakin sadar akan kebersihan lingkungan sekitar dengan membiasakan diri membuang sampah pada tempatnya. (adm)

Penulis : Syahrir

Facebook Comments