Pantai Lagunci Desa Bahari, Spot Wisata Menawan di Buton Selatan

Bongkahan batu krust yang membentuk pulau mini di Pantai Lagunci. (Foto Iyan)

BATAUGA, Rubriksultra.com- Kabupaten Buton Selatan menyimpan sejuta keindahan alam yang begitu menawan. Pantai Lagunci misalnya, pantai yang ada di Desa Bahari, Kecamatan Sampolawa ini memiliki pesona tersendiri dan bahkan disandingkan dengan keindahan Raja Ampat di Papua Barat.

Laporan : Asmar Iyan

- Advertisement -

Ada trik khusus untuk bisa menikmati lebih puas pesona alam pantai Lagunci. Puncak bukit di Desa Bahari adalah kuncinya.

Jika dilihat dari ketinggian tertentu, bongkahan batu krust yang terlihat terkikis oleh abrasi pantai tampak membentuk gugusan pulau mini. Apalagi sepanjang pantai dihiasi pasir berwarna putih bersih serta kejernihan warna air lautnya yang membiru.

Sempurna dipandang mata. Yakin saja, berkunjung disini tidak akan ada ruginya.

Keindahan pantai Lagunci dengan air laut yang begitu jernih. (Foto Iyan)

Dari beberapa sudut pandang berbeda, bongkahan batuan krust ini tampak seperti membentuk sebuah terowongan kecil. Keunikan ini menjadi spot terbaik untuk mengabadikan momen liburan.

Dijamin hasil jepretan anda akan terlihat menawan, terutama jika bisa menemukan angle yang pas dengan pencahayaan yang cukup. Jelas ini menjadi surga tersendiri bagi para pecinta fotografi.

Berkunjung di pantai Lagunci tak sempurna rasanya jika tak menceburkan diri di birunya air laut yang jernih. Kejernihan air di pantai ini masih sangat terjaga.

Bahkan, biota laut dengan sejuta warna bisa dilihat dengan mata telanjang diatas permukaan air. Kawasan ini pun sangat cocok untuk melakukan aktifitas snorkeling.

Birunya lautan di Pantai Lagunci menjadi salah satu pesona yang sayang untuk dilewatkan. (Foto Iyan)

Pesona alam Pantai Langunci memang begitu menyejukkan mata, bukan tidak mungkin untuk dijadikan sebagai tempat penghilang rasa penat. Duduk santai di bibir pantai pun terasa menyenangkan sembari menikmati bekal yang dibawa, apalagi ditambah dengan semilir angin khas pantai yang terasa membelai lembut.

Namun jangan lupa untuk membawa sampah kembali agar kelestarian alamnya tetap terjaga.

Baca Juga :  Golkar dan Demokrat Usung Aris Marwan Jadi Wabup Busel

Pemerintah setempat juga sudah membangun sejumlah fasilitas seperti gazebo dan jalur tracking di bawah pepohonan kelapa sekitar pantai.

Apabila anda ingin melihat pemandangan berbeda, cobalah berjalan santai mengelilingi kawasan wisata. Tak jauh dari lokasi wisata, anda akan melihat berbagai aktifitas harian para warga setempat seperti nelayan dan berdagang.

Batu kurst di pantai Lagunci membentuk terowongan yang menjadi salah satu spot yang patut dieksplore. (Foto Iyan)

Ada pula masyarakat yang membuat kapal. Aktivitas ini tentu bisa menambah referensi anda tentang kearifan lokal saat datang ke Pantai Lagunci Desa Bahari ini.

Nah, bagi anda yang tertarik ingin berkunjung ke Pantai Lagunci bisa masuk lewat dua jalur. Bisa dari Kota Baubau dengan jarak tempuh sekitar 51,2 kilometer menggunakan roda dua atau roda empat maupun bisa juga masuk dari Pasarwajo, Kabupaten Buton.

Namun tetap berhati-hati dalam berkendara, sebab jalur menuju ke pantai ini cukup ekstrim dan fasilitas jalan raya belum memadai sepenuhnya di beberapa titik jalan, misalnya pembatas jalan dan rambu-rambu jalan. (***)

Facebook Comments