Warga Batu Atas Busel Bakal Nikmati Listrik PLN

Bupati Busel, H. La Ode Arusani saat menyambangi kantor PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sulselrbar di Makassar, Kamis 15 Oktober 2020. (Foto Istimewa)

BATAUGA, Rubriksultra.com- Impian Masyarakat Kecamatan Batu Atas, Kabupaten Buton Selatan (Busel) untuk menikmati listrik akan segera terwujud. Bila tak ada aral melintang, rencana tersebut bakal terealisasi pada awal tahun 2021 mendatang.

Kepastian itu menyusul setelah Bupati Busel, H. La Ode Arusani menyambangi kantor PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sulselrbar di Makassar, Kamis 15 Oktober 2020.

- Advertisement -

H. Arusani memaparkan sejumlah rencana pembangunan kawasan strategis baru di Busel dalam pertemuan itu. Orang nomor satu di Busel ini juga menekankan langkah percepatan pemenuhan kebutuhan listrik bagi warga pulau Batu Atas.

“Khusus Pulau Batu Atas, kami meminta PLN agar membantu mencarikan solusi untuk warga Batu Atas agar segera menikmati listrik seperti masyarakat di kecamatan lain yang ada di Buton Selatan,” katanya.

Ketua DPC PDI-Perjuangan Busel ini juga mengatakan, saat ini Pemkab Busel tengah mempersiapkan rumah pembangkit listrik untuk persiapan penyimpanan pelaratan listrik disana.

“Dalam waktu dekat ini rumah pembangkitnya akan segera dibangun termasuk gensetnya akan langsung diantar kesana,” katanya.

Atas hal ini, orang nomor satu di Busel ini berharap agar PLN dapat sesegera mungkin membantu percepatan pembangunan jaringan distribusinya.

General Manager PT. PLN (persero) Unit Induk Wilayah Sulserabar, Ismail Deu mendukung sepenuhnya rencana Pemkab Busel dalam percepatan kelistrikan di Pulau Batu Atas. Pihaknya akan segera memasukan revisi RKP pembangunan jaringan distribusi di Batu Atas pada tahun 2021.

“Kami sangat mengapresiasi langkah cepat Bupati Busel yang tanggap dalam memperjuangkan aspirasi warganya. Menurut kami, Pemkab Busel sudah selangkah lebih maju,” katanya.

Ismail Deu menuturkan, rata-rata daerah lain belum menyiapkan infrastruktur apapun sebelum melakukan komunikasi dengan pihak PLN. Namun berbeda dengan Pemkab Busel yang sudah menyiapkan infrastruktur pendukung sebelum berkomunikasi dengan PLN.

Baca Juga :  Bupati Resmikan Baruga Adat Busoa

“Bahkan Bupati sudah menyiapkan mesin genset dan mau bangun rumah pembangkit. Jadi PLN akan menyesuaikan untuk mempercepat pembangunan jaringan distribusinya,” katanya.

Dikatakan, selain membahas kebutuhan listrik di Kecamatan Batu Atas, kemitraan antara Pemda Busel dengan pihak PLN juga terus diperkuat demi menunjang kinerja PLN dalam melayani kelistrikan bagi warga Buton Selatan secara keseluruhan. (adm)

Penulis : Syahrir

Facebook Comments