Pemkab Buteng Siapkan Beasiswa untuk Mahasiswa Rp 750 Juta

590
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Buteng, Abdullah.

LABUNGKARI, Rubriksultra.com- Pemerintah Kabupaten Buton Tengah (Buteng) menyiapkan anggaran beasiswa untuk mahasiswa senilai Rp 750 juta. Program Beasiswa Samatau ini diperuntukan untuk mahasiswa berprestasi dan kurang mampu.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Buteng, Abdullah menerangkan, anggaran beasiswa ini telah disepakati pada APBD Perubahan 2020. Sebelumnya, anggaran beasiswa sempat dianggarkan pada APBD induk senilai Rp 500 juta.

“Namun karena pergeseran, maka anggaran itu dialihkan. Alhamdulillah di perubahan kita alokasikan kembali,” kata Abdullah di kantornya, baru-baru ini.

Abdullah menjelaskan, dari total anggaran Rp 750 juta ini dibagi menjadi dua. Masing-masing Rp 300 juta untuk beasiswa beprestasi dan Rp 450 juta untuk beasiswa kurang mampu.

Kata dia, kriteria penerima beasiswa tersebut diatur dalam Peraturan Bupati Nomor 44 tahun 2019. Beasiswa kurang mampu memiliki persyaratan antara lain harus warga Buton Tengah yang dibuktikan dengan KTP dan KK asli warga Buton Tengah.

Calon penerima beasiswa juga harus memiliki kartu mahasiswa dan memiliki basis data warga kurang mampu di Kemensos atau surat keterangan kurang mampu dari kelurahan atau desa setempat.

“Sementara untuk beasiswa berprestasi, sama halnya dengan yang kurang mampu harus warga Buteng dibuktikan KTP dan KK, harus memiliki kartu mahasiswa, dan paling penting IPK standar 3,2 serta akreditasi kampus minimal akreditasi B,” jelasnya.

Dijelaskan, jenjang penerima beasiswa ini tergantung permintaan calon penerima beasiswa. Terbuka untuk tingkatan Strata I hinggga sampai tingkatan Strata III.

“Untuk nominal berapa beasiswa yang akan diberikan tergantung jumlah peminatnya, kalau yang memenuhi syarat jumlahnya kecil, maka nominalnya juga akan besar,” ungkapnya.

Abdullah menambahkan, penerima beasiswa nantinya tidak selamanya akan terus menerima bantuan ini. Program ini akan terus dievaluasi setiap tahun.

Baca Juga :  Dishub Buteng Imbau Sopir AKDP Tertib Aturan

“Insya Allah tiap tahun kita berikan beasiswa, tapi setiap tahun juga kita akan evaluasi. Selagi dia masih memenuhi syarat maka kita berikan dan bisa saja penerima tiap tahun berubah, kecuali dengan universitas yang kita sudah kerjasama akan kita berikan beasiswa sampai selesai. Namun hingga sampai saat ini kita belum ada kerjsama dengan universitas manapun,” katanya.

Atas program ini, Abdullah mengaku akan segera mengumumkan jadwal termasuk persyaratan pendaftaran bagi mahasiswa asal Kabupaten Buton Tengah yang tertarik menerima manfaat ini.

“Ini sesuai dengan visi misi bupati dan wakil bupati untuk mencetak generasi dan SDM yang berkualitas untuk membangun Buteng,” katanya. (adm)

Facebook Comments