Dukung Sistem Satu Data, Disdukcapil Baubau Kerjasama 14 OPD

112
Arif Basari

BAUBAU, Rubriksultra.com- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Baubau menggagas perjanjian kerja sama (PKS) dengan 14 Organisasi Perangkat Daerah (OPD).Kerjasama ini untuk mendukung pemanfaatan data administrasi kependudukan (Adminduk) program satu data.

14 OPD tersebut diantaranya, Dinas Kesehatan, BLUD RSUD, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Sosial, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bappeda, Dinas Perumahan dan Pemukiman, Perizinan, Balibang, serta Kementerian Agama Baubau.

Kepala Dinas Dukcapil Baubau, Arif Basari mengaku PKS itu penting sebab bisa dimanfaatkan untuk kepentingan pembangunan dan pelayanan masyarakat. Selain itu, program sesuai instruksi dari Dirjen Dukcapil ini bertujuan agar data kependudukan dapat terintegrasi ke sejumlah OPD.

“Salah satu manfaatnya, warga nanti tidak lagi repot mengurus akta kelahiran atau akta kematian, sebab data yang terintegrasi melalui satu sistem di rumah sakit langsung bisa dicetak, serta datanya terupdate,” kata Arif Basari, di kantornya, Senin 16 November 2020.

Selain itu, kemudahan lainnya seperti Kartu Identitas Anak (KIA) langsung bisa diambil di rumah sakit tempat bayi dilahirkan.

“Jadi kita telah mengirimkan draft PKS 14 OPD tersebut ke Dirjen Dukcapil untuk disetujui. Setelah itu akan kembali dikoordinasikan melalui rapat dengan OPD untuk persiapan pelaksanaan PKS tersebut,” tukasnya. (adm)

Laporan : Ady

Facebook Comments
Baca Juga :  Satgas Covid-19 Baubau Salurkan 6.947 Masker di 93 Lokasi Salat Id