43 Kapal di Pelabuhan Murhum Diperiksa

Suasana pemeriksaan kapal di Pelabuhan Murhum. (Foto Istimewa)

BAUBAU, Rubriksultra.com- Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kelas I Baubau memeriksa 43 kapal yang beroperasi di pelabuhan Murhum. Pemeriksaan dilakukan untuk mengecek kesiapan angkutan laut menjelang Natal dan Tahun Baru 2021.

Kepala seksi Kesyahbandaran KUPP Kelas 1 Baubau, Muh Irfan Jayadinata mengatakan, pemeriksaan kelayakan kapal penumpang dan mekanisme pelaporan sesuai ketentuan dilaksanakan sejak tanggal 16 November sampai 14 Desember 2020. Hal ini untuk meningkatkan kelancaran, keselamatan, keamanan dan kenyamanan transportasi khususnya di sektor perhubungan laut.

- Advertisement -

“Kita telah melaksanakan uji petik sesuai instruksi pusat sebanyak 43 kapal. Pemeriksaan mulai dari kelengkapan dokumen, kelengkapan fisik, alat-alat keselamatan sampai memastikan kesiapan kapal dan penumpangnya agar aman dan tertib ketika berlayar,” terang Irfan di kantornya, Jum’at 4 Desember 2020.

Kapal-kapal yang diperiksa terdiri dari kapal yang melayani antar pulau menuju pulau Talaga, Wakatobi dan Sikeli. Setelah dilakukan pemeriksaan, secara umum semua kapal tersebut sesuai prosedur.

Dikatakan, sebelum adanya instruksi, pihaknya sudah ketat melakukan pemeriksaan ketika kapal sandar di Pelabuhan Murhum. Hal itu guna mengantisipasi sesuatu yang tidak diinginkan kedepan.

Irfan menegaskan, bila ada kapal yang ditemukan kelebihan penumpang, maka akan diturunkan sesuai kapasitas. Begitu pula menghadapi cuaca buruk, selalu disampaikan agar selalu mencari perlindungan ke sisi yang aman.

Pihaknya juga terus menyampaikan agar protokol kesehatan dilakukan dengan ketat. Sebelum masuk ke area pelabuhan, penumpang ataupun pengunjung diwajibkan menggunakan masker.

“Bagi penumpang yang hendak menuju kapal, suhu tubuh diperiksa lalu barangnya disemprot cairan disinfektan. Semua itu demi mencegah penularan Covid-19,” katanya. (adm)

Laporan : Ady

Facebook Comments
Baca Juga :  Vaksinasi Massal di Baubau Diikuti 2.660 Orang