Harga Sembako di Baubau Stabil

Kepala Disperindag Baubau, H. Ali Hasan saat meninjau harga pasar. (Foto Ady)

BAUBAU, Rubriksultra.com- Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Baubau memastikan harga sembako stabil. Pada minggu pertama Desember 2020 ini, harga sembako mulai dari beras, telur, daging, gula, susu, bawang merah, dan garam tidak mengalami kenaikan maupun penurunan harga.

“Beras merah, ketan hitam dan ketan merah harganya malah turun,” kata Kepala Disperindag Baubau, H. Ali Hasan, di kantornya, Jum’at 11 Desember 2020.

- Advertisement -

Pun begitu terdapat beberapa komoditi yang mengalami kenaikan namun tidam cukup signifikan. Misalnya ikan asin, kacang hijau, cabe rawit, bawang bombai, kentang, merica dan ketumbar.

Kata Ali Hasan, setiap hari tim melakukan pemantauan harga pasar dan dilaporkan setiap pekan. Patokan harga di tiga pasar rakyat yakni Wameo, Karya Nugraha dan Laelangi serta stabilitas harga di pasar moderen.

Dikatakan, saat melakukan pantauan harga, tim juga selalu mengimbau penerapan 3M seperti meggunakan masker, mencuci tangan di titik yang sudah disediakan dan sebisa mungkin menjaga jarak aman ketika transaksi.

“Sebab menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 itu demi kebaikan dan kesehatan bersama,” katanya.

H. Ali Hasan memastikan stabilitas harga dan pasokan sembako menjelang Natal dan Tahun Baru 2021 cukup memadai.

“Kita selalu komunikasi dengan distributor atau pemasok soal stok sembako untuk mengantisipasi lonjakan kenaikan harga. Jikalau tidak bisa terbendung kenaikan harga, kita akan lakukan operasi pasar nanti,” tukasnya. (adm)

Laporan : Ady

Facebook Comments
Baca Juga :  Stok Vaksin di Baubau Masih 6 Ribu Dosis