Peringati Hari Ibu, PKK Baubau Siapkan 200 Rapid Tes Gratis

Suasana rapid tes gratis yang dilaksanakan TP PKK Baubau di kantor Wali Kota Baubau, Rabu 16 Desember 2020. (Foto Ady)

BAUBAU, Rubriksultra.com– Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Baubau memperingati Hari Ibu dengan menggelar rapid tes gratis. Disediakan 200 unit rapid tes yang akan digunakan secara gratis di kantor Wali Kota Baubau, Rabu 16 Desember 2020.

Wakil Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse mengatakan, pelaksanaan rapid tes ini diperuntukan untuk ibu-ibu. Menurutnya, ibu-ibu punya daya jangkau luas sebagai pengendali keluarga.

- Advertisement -

Diharapkan,stigma negatif soal rapit tes bisa ditepis melalui peran ibu-ibu. Sekaligus menyampaikan peenerapan protokol kesehatan dan perilaku hidup sehat, utamanya mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak.

“Dengan mensosialisasikan perilaku hidup sehat itu, kita bisa melawan Covid-19,” kata Monianse.

Wakil Ketua TP PKK Baubau, Wa Ode Nursanti Monianse mengatakan, perkiraan jumlah perempuan yang dirapit test di atas angka seratus orang.

Ia merinci, berdasarkan hasil koordinasi dengan masing-masing kecamatan mengirimkan 13 orang perwakilan. Total menjadi 104 orang.

“Kemudian ditambah dengan seluruh anggota Tim Penggerak PKK Kota Baubau, jadi sekitar di atas angka seratus orang lebih. Untuk itu, kita siapkan rapid test sebanyak 200 unit, ” rinci Nursanti.

Kata dia, kegiatan rapid test gratis untuk kaum perempuan ini adalah salah satu program TP PKK dalam memastikan perempuan terbebas dari penularan Covid-19. Kegiatan dilaksanakan serentak se-Indonesia sejak 14 sampai 21 Desember 2020.

“Kita target bisa capai ratusan yang rapit nanti dengan sasaran perempuan usia manula, usia produktif dan remaja,” jelasnya. (adm)

Laporan : Ady

Facebook Comments
Baca Juga :  Pemkot Baubau Siapkan Rp 10 Miliar Bansos Tahap II