Pemkot Baubau Anggarkan Rp 500 Juta Belanja Itik

Ilustrasi. (Foto Int)

BAUBAU, Rubriksultra.com- Dinas Pertanian (Distan) Kota Baubau menyiapkan dana senilai Rp 500 juta untuk belanja itik petelur pada 2021 mendatang. Itik akan didatangkan dari Konawe Selatan untuk dibudidayakan di Pulau Makassar (Puma) Kecamatan Kokalukuna sebagai sentra itik petelur nantinya.

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Distan Baubau, drh Jusriati mengatakan, program ini bertujuan meningkatkan produksi dan penggunaan telur itik di Baubau.

- Advertisement -

“Memang rencana kami mau jadikan Pulau Puma itu, khususnya Kecamatan Kokalukuna menjadi sentra produksi telur itik,” bebernya.

Selain bakal dijadikan sentra produksi telur, Puma juga digadang-gadang menjadi ladang industri kecil menengah pengembangan telur asin. Diupayakan akan berimbas pada meningkatnya kepariwisataan dan perekonomian warga.

Kata dokter hewan ini, itik-itik yang diserahkan telah teruji kesehatannya. Disamping itu, itiknya telah berumur dewasa sekitar lima bulan yang sudah siap memproduksi telur.

Dikatakan, pada periode tahun 2020, sudah empat kelompok peternak yang sudah diberikan bantuan itik. Dua kelompok masing-masing di Kelurahan Melai dan Kelurahan Lipu menggunakan APBD dan dua kelompok lainnya di Kelurahan Lakologou dan Lakologou menggunakan DID.

“Masing-masing kelompok mendapatkan 330 ekor, total semuanya 1.320 ekor. Jadi sama dengan peternak sapi, syarat kelompok harus terdaftar di pusat, punya anggota di atas 10 orang dan wajib memiliki kandang. Sebab bantuan yang proposal yang diajukan bakal disurvei dulu,” tandasnya.

Ditambahkab, saat ini baru sebagian itik yang sudah produksi telur sedang yang lainnya masih dalam proses pemeliharaan. (adm)

Laporan : Ady

Facebook Comments
Baca Juga :  Satlantas Polres Baubau Edukasi Prokes saat Tugas