Pemkot Baubau “Galau” Soal Penyimpanan Vaksin Covid-19

Kepala Dinkes Kota Baubau, Dr Wahyu.

BAUBAU, Rubriksultra.com- Kepala Dinas Kesehatan Kota Baubau, Dr Wahyu mengaku kebingungan soal penyimpanan vaksin Covid-19. Sebab pihaknya kekurangan lemari pendingin khusus tempat penyimpanan vaksin.

“Bila vaksin Covid-19 tiba, kita bingung menaruhnya dimana. Sebab lemari pendingin yang ada, dipenuhi dengan vaksin reguler seperti polio dan sebagainya. Apalagi, vaksin Covid-19 harus berada pada suhu 2 sampai 8 derajat celcius. Kalau diatas itu bisa rusak,” kata Dr Wahyu di kantor Wali Kota Baubau, baru-baru ini.

- Advertisement -

Pun begitu, Pemkot Baubau masih menunggu distribusi vaksin Covid-19 dari Pemerintah Pusat. Utamanya berapa kuota yang akan diberikan.

“Supaya upayakan secepatnya untuk pengadaan lemari pendingin yang besar sesuai jumlah vaksin. Hal itu penting agar suhu vaksin bisa dipertahankan saat proses pemindahan dari Pemprov Sultra Baubau,” katanya.

Mengenai kesiapan SDM, Dr Wahyu mengaku siap. Petugas tinggal diberi sedikit pelatihan terkait penggunaan vaksin untuk warga prioritas.

“Serta bagaimana cara mempertahankan kondisi suhu vaksin biar tidak rusak. Intinya untuk vaksin ini kita tetap siap. Tinggal menunggu instruksi dari pusat,” tandasnya. (adm)

Laporan : Ady

Facebook Comments
Baca Juga :  Polres Baubau Komitmen Wujudkan Aparat Bebas Korupsi