Penumpang Pelni Meninggal di Kapal, Satgas Covid-19 Baubau Diterjunkan Evakuasi Jenazah

Tim Satgas Covid-19 Baubau saat mengevakuasi jenazah. (Foto Istimewa)

BAUBAU, Rubriksultra.com– Seorang penumpang kapal, YB (36) ditemukan meninggal dunia di atas kapal Pelni KM Sirimau yang bertolak dari Sorong, Papua Barat menuju Kota Baubau. Satgas Covid-19 Baubau pun diterjunkan untuk melakukan evakuasi terhadap jenazah.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Baubau, La Ode Muslimin Hibali mengatakan, tim mendapat informasi temuan jenazah pada Sabtu, 19 Desember 2020 dini hari. Atas informasi ini, tim langsung melakukan evakuasi secepatnya.

- Advertisement -

La Ode Muslimin Hibali menjelaskan, jenazah diketahui adalah seorang laki-laki asal Manado. Dugaan awal, pemuda tersebut meninggal karena serangan jantung.

Kata dia, sebelumnya almarhum sudah mengantongi keterangan rapid test. Hasilnya non reaktif.

“Jenazah kemudian kita evakuasi dari pelabuhan Murhum lalu di bawa ke RSUD Baubau,” kata La Ode Muslimin Hibali di kantor Wali Kota Baubau usai mengikuti HUT DWP Baubau, Minggu 20 Desember 2020.

Mantan Plt Disdukcapil Baubau ini menambahkan, meski hasil rapid test korban non reaktif namun belum bisa dipastikan apakah almarhum terpapar Covid-19 atau tidak. Sebab tidak lama setelah berada di RSUD Baubau, keluarga almarhum sudah tiba sementara swab test belum dilakukan.

“Begitu tiba, keluarganya meminta agar jenazah dimasukan ke dalam peti untuk diterbangkan ke kampung halamannya di Manado, Sulawesi Utara,” beber Wakil Sekretaris Satgas Covid-19 Baubau ini.

Namun, akibat terkendala biaya, jenazah almarhum tidak jadi diterbangkan. Oleh Satgas, jenazah kemudian dimakamkan secara protokol Covid-19 di Baubau. (adm)

Laporan : Ady

Facebook Comments
Baca Juga :  Edarkan Narkoba, Seorang Penjual Ikan di Baubau Ditangkap