Sosialisasi Prokes Kian Dimaksimalkan

Bhabinkamtibmas Polsek Mastim saat memberikan sosialisasi penerapan prokes kepada warga. (Foto Istimewa)

LABUNGKARI, Rubriksultra.com- Polsek Mawasangka Timur (Mastim) Polres Baubau terus memaksimalkan sosialisasi protokel kesehatan (Prokes) di wilayah hukumnya. Sosialisasi dilaksanakan dengan menyambangi tiap rumah atau door to door system (DDS) di lingkungan pedesaan.

Kapolsek Mastim, Ipda Musrifin mengatakan, keberadaan dan kehadiran personel Polri khususnya di lingkungan masyarakat dan alam pedesaan bukan saja sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat sesuai amanat UU Nomor 2 Tahun 2002 tentang tugas pokok Polri. Lebih dari itu, juga sebagai agen problem solving dalam merespon setiap pemecahan masalah di tengah-tengah warga binaannya (responsibilty).

- Advertisement -

Salah satu fungsi teknis Polri yang ada di kepolisian yakni fungsi pembinaan masyarakat dengan mengoptimalkan fungsi dan peran Bhabinkamtibmas dalam setiap sambang atau DDS di lingkungan pedesaan.

Sosialisasi prokes juga diintensifkan di tempat ibadah. (Foto Istimewa)

Optimalisasi pelaksanaan sambang atau DDS di masa pandemi Covid-19 telah dilaksanakan oleh personil Bhabinkamtibmas Polsek Mawasangka Timur (Mastim) Polres Baubau secara intens dalam rangka mewujudkan Kamtibmas yang aman dan imun (sehat).

Setiap harinya Bhabinkamtibmas Polsek Mastim turun ke desa desa melaksanakan touring kamtibmas, sambang atau DDS bersinergi dengan aparatur desa, aparatur kecamatan bersama gugus tugas dari UPTD Puskesmas atau nakes polindes (poliklinik desa).

“Kita selalu berupa memberikan sosialisasi protokol kesehatan pencegahan Covid-19 berupa anjuran 4M, yakni makai masker, menjaga jarak dengan menghindari kerumunan, mencuci tangan sesering mungkin dengan air sabun, dan makan makan yang bergizi untuk menciptakan imun tubuh warga desa,” katanya.

Siswa juga dibina untuk menerapkan prokes agar terhindar dari penularan Covid-19. (Foto Istimewa)

Bhabinkatibmas Polsek Mastim juga intens melaksanakan giat preemtif, preventif dan persuasif kepada masyarakat dalam pendisiplinan protokol kesehatan dengan membagi-bagikan masker kepada warga. Selain itu mengadakan sosialisasi dan anjuran kepada warga penumpang agar patuh pada prokes baik yang akan berangkat atau baru tiba dari luar daerah di pelabuhan kapal kayu di Desa Inulu dan Desa Bungi.

Baca Juga :  13 Ribu UMKM di Buteng Serap 20 Ribu Tenaga Kerja

“Selain itu, kami juga intens melaksanakan penyemprotan disinfektan pada kantor-kantor fasilitas pemerintah dan sarana umum guna menghindari potensi penyebaran Covid-19 di wilayah desa binaan kami,” tandasnya. (adm)

Facebook Comments