170 Rumah Warganya Dibedah, Camat Sorawolio: Kami Sangat Terbantu

Ilustrasi. (Foto Int)

BAUBAU, Rubriksultra.com– Sedikitnya terdapat 170 warga Kecamatan Sorawolio, Kota Baubau yang mendapatkan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau lebih dikenal program bedah rumah pada 2020 lalu. Hampir seluruhnya, program ini telah berhasil diselesaikan 100 persen.

Camat Sorawolio, Muslimin mengaku program BSPS untuk membantu warga yang kurang mampu dalam bentuk bedah rumah merupakan program yang tepat sasaran. Bantuan ini merupakan salah satu bantuan pemerintah khususnya di bidang perumahan rakyat.

- Advertisement -

“Dikecamatan Sorawolio terdapat 170 KK yang menerima bantuan. Tersebar di tiga kelurahan, masing-masing Kaisabu Baru, Karya Baru dan Bugi,” urai Muslimin.

Masing-masing KK menerima bantuan sebesar Rp 17,5 juta. Terdiri dari Rp 15 juta untuk bahan bangunan dan Rp 2,5 juta untuk membantu ongkos tukang.

“Selebihnya kegotong-royongan dan keswadayaan, ini menjadi prioritas kami. Dari pantauan kami selama program ini, terbentuk pemberdayaan dan kegotong royongan, artinya warga yang memiliki keahlian sebagai tukang juga diberdayakan dan membantu penerima bantuan khususnya kepala keluarga perempuan dan lansia, kami merasa terbantu dengan adanya program ini,” jelasnya.

Muslimin menjelaskan, dari 170 warganya yang menerima BSPS, 90 persen sudah menyelesaian 100 persen. Sementara sisanya masih terkendala faktor cuaca karena ada beberapa rumah fokus penyelesaian atap rumah.

“Tahun ini, kita masih akan terus mendata warga yang belum terkafer. Kita akan perjuangkan,” katanya.

Kendati begitu, terdapat beberapa syarat bagi warga yang ingin mendapat bantuan ini. Terpenting adalah kepemilikan tanah harus jelas bukan tahan pinjam atau bukan hak milik, selain itu keswadayaan masyarakat untuk siap menyelesaikan pekerjaan secara gotong royong atau swadaya sendiri juga diperlukan.

BSPS merupakan program dalam rangka pengejawantahan visi dan misi bapak Presiden Republik Indonesia terkait program “Sejuta Rumah”. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat terus berkomitmen melakukan pembenahan infrastruktur terutama di bidang Perumahan dengan tagline “SIGAP MEMBANGUN NEGERI”.

Baca Juga :  Warga Protes Praktek Monopoli Tambang Batu Gamping di Sorawolio

Salah satu Program unggulan berupa Bantuan Stimulun Perumahan Swadaya (BSPS) yang bertujuan memberikan jaminan tempat tinggal yang layak bagi warga Negara. Kementerian PUPR lewat Satuan Kerja Non Vertikal (SNVT) selaku instansi teknis di tingkatan Provinsi terus melakukan pendataan Rumah tidak Layak Huni (RTLH). (adm)

Facebook Comments