Presiden Jokowi di Puncak HPN 2021 : Terima Kasih Insan Pers

JAKARTA, Rubriksultra.com– Presiden Jokowi menyambut kehadiran Pengurus Dewan Pers, PWI Pusat, hingga pemimpin media dalam rangka perayaan puncak Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2021 di Istana Merdeka Jakarta, Selasa 9 Februari 2021.

Puncak peringatan HPN hari ini digelar di dua lokasi berbeda selain di Istana Negara, juga di Candi Bentar Covention Hall Putri Duyung, Ancol Jakarta yang menjadi lokasi pusat perayaan HPN 2021 sejak tanggal 6 -9 Februari 2021.

Mendampingi presiden Jokowi di Istana, Ketua Dewan Pers, M. Nuh, Ketua Umum PWI Pusat, Atal S. Depari, Ketua Panitia HPN Auri Jaya dan pengurus Pusat PWI.

Kemudian hadir Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua DPR Puan Maharani, Ketua DPD RI Muh. La Nyalla Mattalitti, Menkominfo Jhonny G. Plate, duta besar negara-negara sahabat, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan serta tokoh pers nasional dan insan pers serta tamu undangan lain baik secara langsung maupun virtual.

Selain itu hadi pula sekitar 36 duta besar, 12 wartawan asing dan 8 perwakilan badan-badan dunia di antaranya utusan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).

Para utusan negara sahabat, dan perwakilan badan dunia hadir secara langsung di Istana Negara bersama pengurus PWI Pusat dan Dewan Pers. Sementara kepala daerah peraih Anugerah Kebudayaan HPN 2021, Peraih Adinegoro Award, hadir di Hall Putri Duyung, Ancol.

Penyambutan kepala negara dirasakan sangat membahagiakan sebab presiden mau menyambut kedatangan insan pers di Istana Negara

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengucapkan terima kasih atas peran pers mulai dari merebaknya wabah covid-19 hingga kini membantu pemerintah menyosialisailan protokol kesehatan 3M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan).

Baca Juga :  Polri Ungkap Beragam Modus Kecurangan CPNS 2021

“Saya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya karena telah membantu pemerintah mengedukasi masyarakat agar menerapkan protokol kesehatan dan membantu masyarakat mendapatkan informasi yang benar dan tepat,” kata Jokowi.

Penghargaan diberikan Jokowi kepada insan pers Indonesia, karena pada saat pandemi Covid-19, pers tetap bekerja dan berada di garis terdepan untuk mengabarkan setiap perkembangan situasi. Tidak hanya itu, pers telah menjadi jembatan komunikasi antara pemerintah dan masyarakat.

“Saya mengucapkan selamat Hari Pers kepada seluruh insan pers Indonesia, dimanapun Bapak dan Ibu berada,” ujar Jokowi.

Presiden pun mengatakan sebanyak 5.000 awak media atau wartawan akan mendapatkan vaksinasi Covid-19 pada akhir Februari hingga awal Maret 2021.

Pemerintah memandang vaksinasi terhadap awak media sangat penting, karena mereka bekerja di garda terdepan dalam mengedukasi masyarakat serta memberikan informasi yang benar dan tepat.

“Tadi saya sudah bisik-bisik ke Pak M Nuh, untuk awal nanti, akhir Februari sampai awal Maret, nanti untuk awak media sudah disiapkan kira-kira 5.000 orang untuk bisa divaksin,” ujar Jokowi.

Vaksin yang akan diberikan kepada awak media adalah Coronavac dari Sinovac yang saat ini sedang diolah oleh PT Biofarma sebanyak 12 juta bahan baku.

Presiden Minta Menkeu Kawal Bantuan bagi Media

Tak hanya itu, Jokowi juga mengetahui selama pandemi, pers menghadapi masa-masa sulit. Ia menyebut, pandemi virus corona juga berdampak pada keuangan industri media, sehingga pemerintah pun membantu dengan memberikan keringanan pajak hingga pembebasan abodemen listrik.

“PPH 21 bagi awak media telah dimasukkan dalam daftar pajak yang ditanggung pemerintah, artinya pajak ditanggung pemerintah dan ini sampai Juni 2021. Tolong ini nanti diikuti dan dikawal dengan Menteri Keuangan, juga untuk industri media dilakukan pengurangan PPH Badan, pembebeasan PPH 2 Impor, dan percepatan restitusi dan insentif berlaku sampai Juni 2021,” ungkapnya.

Baca Juga :  Menang 4-0, Liverpool ke Final Liga Champions

Terkait insentif bagi media, presiden meminta hal tersebut dikawal Menteri Keuangan.

“Insentif yang diberikan ke industri lain ini juga diberikan ke industri media termasuk pembebasan abodemen listrik. Keringanan dan bantuan yang diberikan industri media dan awak media tersebut memang tidak seberapa, saya tahu,” tambahnya.

Terbitkan PP Pos, Telekomunikasi dan Penyiaran

Presiden juga menyampaikan pemerintah beberapa hari lalu telah mengeluarkan PP Pos, Telekomunikasi dan Penyiaran untuk mengakomodir aspirasi pers dan media mainstream.

“Barusan terbit Peraturan Pemerintahnya yaitu PP tentang Pos, Telekomunikasi dan Penyiaran, namun demikian pemerintah masih membuka diri terhadap aspirasi dari awak media,” kata Presiden.

PP tersebut, antara lain mengatur mengenai perubahan aturan terutama untuk sektor telekomunikasi untuk penetapan tarif penyelenggaraan jaringan dan atau jasa telekomunikasi hingga keberadaan lembaga penyiaran publik.

“Saya akan perintahkan kepada menteri-menteri terkait dengan rancangan regulasi yang melindungi publisher agar manfaat ekonomi bisa dinikmati secara berimbang antara media konvensional dengan open the top yaitu layanan melalui internet,” kata Presiden.

Insentif bagi industri media yang disampaikan Presiden Jokowi merespon sambutan Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari.

Atal menjelaskan bahwa insan pers kini tengah sakit setelah ikut terdampak pandemi. Banyak media gulung tikar dan merumahkan karyawannya karena beban ekonomi yang meningkat akibat pandemi serta iklan yang banyak diraup perusahaan mesin pencari maupun media sosial seperti yang telah dibahas pada Konvensi Nasional Media Massa sehari sebelumnya, Senin (8/2).

“Pers dan media pun sedang sakit tapi dituntut oleh tugas kemanusiaannya menjadi jembatan informasi dan komunikasi, oleh Dewan Pers dan Satgas Covid-19 wartawan telah diterjunkan, sebagai ujung tombak untuk ubah perilaku, agar masyarakat sadar protokol kesehatan,” ujarnya.

Baca Juga :  Kemenpan RB Revisi Aturan Tentang Jabatan Fungsional PNS

“Oleh karena itu mohon dengan sangat baoak presiden agar insentif ekonomi, untuk industri pers nasional yang pernah dijanjikan pemerintah, dapat segera terwujud, inilah salah satu wujud dari jesimpulan Konvensi Nasional Media Massa yang kami gelar kemarin,” tambahnya.

Di sisi Pemprov DKI, Anies Baswedan yang turut memberi sambutan menjelaskan, HPN 2021 yang mengusung tema “Pers Nasional Bangkit dari Krisis Akibat Pandemi Covid-19 ” dapat memberikan aura positif di tengah pandemi saat ini.

Anies pun turut mengapresiasi pers, dimana di tengah pandemi insan pers terus bertugas, terus mengambil peran meski harus meninggalkan keluarga demi memastikan seluruh masyarakat mendapatkan pemberitaan yang aktual dan terpercaya.

“Kami menyambut baik dan menyampaikan apresiasi karena kita semua merasakan manfaat dari pemberitaan itu, untuk sama-sama memiliki pemahaman tentang pola hidup sehat dan cara kita mencegah penularan melalui kebiasaan 3M,” ujarnya.

Anies mengatakan, era baru pandemi Covid-19 mengalami transformasi sangat serius dalam hari pers nasional.

Di akhir sambutannya, ia turut mengucapkan selamat Hari Pers National kepada semua insan pers, serta memberikan salam hormat dan hangat karena telah berjuang mencerdaskan bangsa melalui media massa.

“Kita akan terus bergandeng tangan untuk bangkit dari pandemik virus corona ini,” kata Anies. (adm)

Facebook Comments