46 Atlet Baubau Lolos Seleksi Popnas 2021

286
Kabid Olahraga Dispora Baubau, Maaruji di stadion atletik Betoambari saat menyerahkan hadiah pembinaan, Minggu 21 Februari 2021. (Foto Ady)

BAUBAU, Rubriksultra.com- Sebanyak 46 atlet cabang olahraga atletik dinyatakan lolos dalam seleksi Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2021 tingkat Kota Baubau. 48 atlet ini akan diuji tanding tingkat provinsi untuk menentukan atlet yang akan mewakili Sultra nantinya.

Dari 46 atlet tersebut, lima orang diantaranya dipastikan akan mewakili Sultra tanpa harus melakukan uji tanding. Kelimanya terpilih karena berhasil mencatatkan waktu terbaik yang ditetapkan Pemprov Sultra.

Masing-masing tiga atlet putra dan dua putri.  Diantaranya Muh Maulana nomor lari 100 meter dan lompat jauh, Muh Risky A lari 400 meter dan 800 meter, Muh Khalik lari 1.500 meter dan 5.000 meter, Niani nomor lari 5.000 meter dan 10.000 meter, dan Chindy nomor 5.000 meter jalan cepat.

“Lima orang ini saya pastikan sesuai dengan kecepatan yang diukur dan mencatatkan waktu terbaik. Kalau tidak maksimal waktunya tidak mungkin kita antar wakili Sultra, ” ungkap Kabid Olahraga Dispora Baubau, Maaruji di stadion atletik Betoambari usai penyerahan hadiah pembinaan, Minggu 21 Februari 2021.

Sedang 41 pelajar SMP dan SMA lainnya telah siap mewakili Kota Baubau untuk uji tanding di Provinsi Sultra sebagai penentu siapa yang bakal wakili Sultra di ajang Popnas 2021.

“Bibit-bibit terbaik yang bakal kami kirim ini telah terbukti dengan segudang prestasinya, atlet yang disiapkan ini sekaligus menjawab mandat pemerintah provinsi bahwa Dispora Baubau mampu menyiapkan atlet terbaik untuk mewakili Sultra khususnya cabir atletik dan takraw,” Ujarnya.

Selain atlet lari, kata Maaruji, atlet jalan cepat, lompat jauh, lempar lembing, tolak peluru dan lempar cakram juga berpotensi besar menduduki peringkat puncak ketika seleksi di tingkat provinsi nanti.

“Sebab taget kami sebagian besar yang wakili Provinsi Sultra berasal dari Baubau. Saya yakin itu, karena saya sudah melihat bakat mereka satu-satu, mereka mampu bersaing dengan yang lain,” tandas mantan Kepala Sekolah di Kabupaten Wakatobi ini.

Baca Juga :  Bahan Makanan dan Jajanan Buka Puasa di Baubau Aman Dikonsumsi

Maaruji menjelaskan, mekanisme tingkat Sultra akan memastikan kembali atlet-atlet yang dikirim se-kabupaten/kota untuk ditunjuk berlaga di ajang Popnas. Seleksi tingkat provinsi akan dilaksanakan Maret.

Maaruji menambahkan, untuk menambah gairah latihan atlet pelajar ini, pihaknya memberikan hadiah pembinaan sebesar Rp 14 Juta. Hal itu diharapkan semoga para atlet mampu mempertahankan prestasinya.

“Juara satu Rp 300 ribu, juara dua Rp 250 ribu dan juara tiga Rp 150 ribu,” imbuhnya. (adm)

Laporan : Ady

Facebook Comments