Dana Desa di Butur Capai Rp 70 Miliar

Hazimuddin Hamdan

BURANGA, Rubriksultra.com-Dana Desa (DD) di Kabupaten Buton Utara (Butur) tahun anggaran 2021 mencapai Rp 70 miliar. Alokasi anggaran ini terbagi di 78 desa yang tersebar se-Kabupaten Butur.

Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Butur, Hazimuddin Hamdan menjelaskan, tiap desa mendapatkan alokasi anggaran yang berbeda. Mulai dari Rp 700 juta hingga Rp 1 miliar.

- Advertisement -

“Besarannya tergantung kriteria keterjangkauan wilayah,” kata Hazimuddin Hamdan saat ditemui diruang kerjanya, Senin, 22 Februari 2021.

Oleh karena saat ini masih dalam suasana pandemi Covid-19, maka Dana Desa lebih difokuskan pada Bantuan kepada masyarakat yang terkena dampak bencana nonalam tersebut.

Kata dia, berdasarkan hasil validasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), terdapat sekitar 5.487 penerima bantuan. Terdiri dari 3.576 usulan dari DTKS dan 1.911 usulan pemerintah daerah.

“Namun saat ini ada sedikit kenaikan karena banyaknya warga yang tidak tercaver. Makanya akan dimasukan di dana desa tahun ini,” ungkapnya.

Untuk Bumdes, tahun ini dialokasikan pada pengembangan teknologi tepat guna di masing-masing Desa.

“Sementara untuk pembangunan fisik di desa dipastikan belum ada untun tahun ini sebab penanganan Corona belum berakhir,”pungkasnya. (adm)

Laporan : Sri

 

Facebook Comments
Baca Juga :  APBD Perubahan Butur Disetujui Dengan Catatan