La Bakry Dukung Pelaksanaan UKW 2021 di Buton

Pengurus PWI Baubau yang diketuai La Ode Aswarlin bersama sejumlah pengurus lainnya saat berdiskusi dengan Bupati Buton, La Bakry, Kamis 25 Februari 2021. (Foto Istimewa)

PASARWAJO, Rubriksultra.com- Bupati Buton, La Bakry memberikan dukungan penuh atas rencana Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Baubau untuk pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Kabupaten Buton pada 2021 ini.

Dukungan diberikan saat pengurus PWI Baubau yang diketuai La Ode Aswarlin bersama sejumlah pengurus lainnya bertandang langsung di kantor Bupati Buton, Kamis 25 Februari 2021.

- Advertisement -

“Kita siap mendukung dan menjadi tuan rumah yang baik,” tegas La Bakry.

Kata dia, dukungan ini diberikan untuk peningkatan profesionalisme wartawan khususnya di Kabupaten Buton. Peran pers sangat strategis dalam mendukung terciptanya tatanan pemerintahan dan kemasyarakatan yang baik guna melanggengkan pelaksanaan pembangunan daerah di segala bidang.

“Untuk itu, sinergi yang saling mendukung perlu terus dijalin antara pers dan pemerintah,” tandasnya.

Ketua PWI Baubau, La Ode Aswarlin SH mengatakan, wartawan sebagai insan pers terdepan dalam menyajikan informasi kepada masyarakat agar tetap memperhatikan dan mematuhi kode etik jurnalistik.

“Kode etik jurnalistik harus menjadi pedoman yang tidak boleh dilanggar. Nah, UKW ini menjadi standar kompetensi wartawan yang merupakan salah satu tahapan yang perlu diikuti guna menguji pemahaman seorang wartawan dan komitmennya menjunjung tinggi kode etik dan kode perilaku,” tegasnya.

Dikatakan, ada aturan dan norma yang harus dijunjung tinggi seorang wartawan. Untuk aturannya, UU nomor 40 tahun 1999, sudah jelas mengatur tentang pers. Di sisi lain, kode etik juga sudah ada yang menjadi rambu-rambu untuk semua wartawan.

“Inilah pentingnya pelaksanaan UKW. Membuat wartawan lebih profesional dan menjalankan profesi sesuai dengan aturan dan kode etik,” tutupnya. (adm)

Facebook Comments
Baca Juga :  Seluruh Kadis Diminta Tinggal di Pasarwajo, La Bakry: Setelah Idulfitri Dibahas