Bupati Buton: TMMD Tingkatkan Inovasi Pertanian

Dandim 1413 Buton, Letkol Inf Arif Kurniawan saat menandatangani kesepakatan pelaksanaan TMMD ke-110 di Kabupaten Buton beberapa waktu lalu. (Foto Istimewa)

PASARWAJO, Rubriksultra.com- Bupati Buton La Bakry meminta masyarakat memanfaatkan giat TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 di Kecamatan Lasalimu Selatan. Menurutnya, TMMD dapat meningatkan inovasi pertanian masyarakat.

“TNI mampu menggugah masyarakat untuk menciptakan inovasi serta berinisiatif membudidayakan bibit secara mandiri. Masyarakat harus memanfaatkan sisi positif ini dengan baik,” kata La Bakry.

- Advertisement -

Orang nomor satu di Buton ini merinci, Kabupaten Buton adalah salah satu dari 238 daerah penghasil produksi kelapa. Namun jumlahnya belum mencukupi untuk menunjang nilai jual skala ekonomi besar.

“Makanya masyarakat diharapkan mampu menciptakan bibit sendiri tanpa harus menunggu bantuan dari pemerintah daerah salah satunya untuk meningkatkan kesejahteraan,” pintanya.

Menurutnya, penyuluhan pertanian yang dilakukan TNI sangat penting untuk mendorong komunitas pertanian di Kabupaten Buton.

“Hal itu berguna untuk mensukseskan program ketahanan pangan yang disampaikan Presiden Jokowi. Pada 2045 nanti, masyarakat Indonesia diharapkan memiliki rata-rata pedapatan perkapita mencapai Rp 20 juta ke atas,” tandasnya.

Dandim 1413/Buton, Latkol Inf Arif Kurniawan mengungkapkan, personel yang diterjunkan dalan TMMD akan bekerja sama dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan untuk mengadakan penyuluhan langsung kepada masyarakat.

Kata Arif Kurniawan, giat tersebut berkat perintah Pangdam XIV/Hsn Mayjen TNI Andi Sumangerukka untuk melaksanakan rangkaian kegiatan fisik dan non fisik di Kecamatan Lasalimu Selatan.

“Salah satunya penyuluhan dengan tujuan agar masyarakat sadar akan pentingnya sumber pangan dan pertanian,” ungkapnya. (adm)

Laporan : Ady

Facebook Comments
Baca Juga :  Wisman dengan 66 Kapal Yacht Bakal Kunjungi Buton