TNI Renovasi Masjid di Buton

110
Prajurit TNI Kodim 1413 Buton saat merenovasi masjid di Desa Sangia Arano, Kecamatan Laslimu Selatan pada program TMMD ke-110. (Foto Istimewa)

PASARWAJO, Rubriksultra.com- Prajurit Kodim 1413 Buton merenovasi masjid Desa Sangia Arano, Kecamatan Lasalimu Selatan. Giat ini merupakan salah satu program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 di Kabupaten Buton.

Dandim 1413 Buton, Letkol Inf Arif Kurniawan menuturkan, program TMMD merupakan instruksi langsung Pangdam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Andi Sumangerukka. Prajurit TNI diminta pro aktif untuk hadir di tengah masyarakat.

“Salah satunya dengan membangun masjid di Desa Sangia Arano ini,” kata Letkol Inf Arif Kurniawan, Senin 8 Maret 2021.

Dikatakan, masjid tersebut sudah tidak layak sehingga harus direnovasi. Keputusan itu diambil, sebab masjid itu rutin digunakan sebagai tempat penyebaran syiar agama Islam.

“Makanya kita bergegas membangun masjid tersebut dari dasar bahkan ukurannya diperbesar dari semula. Alhamdulillah kini progres pembangunannya diatas 18 persen. Kita perkirakan tuntas akhir Maret ini,” tandasnya.

Kepala Desa Sangia Arano, Arman Kando sangat berterima kasih atas perhatian prajurit TNI Kodim 1413 Buton melalui program TMMD di desanya.

Kata Arman, masjid yang berdiri sejak 20 tahun lalu ini belum direnovasi akibat tidak adanya biaya. Konstruksi masjid yang terdiri dari kayu diakui sudah ada yang lapuk.

“Untungnya berkat kegiatan fisik TMMD tahun 2021 ini masjid kami bisa direnovasi, bahkan lebih luas menjadi 14 × 13 meter,” kata Arman.

Arman mengaku tidak bisa berbuat banyak untuk merenovasi masjid ini. Sebab anggaran Dana Desa tidak bisa dilakukan karena menabrak aturan.

“Kami sangat bersyukur atas kehadiran prajurit TNI ini. Makanya masyarakat kami sangat antusias, kerja ikhlas membantu mengerjakan program-program TMMD di wilayah kami,” ungkap Arman. (adm)

Laporan : Ady

Facebook Comments
Baca Juga :  Pelaksanaan SKB CASN Buton Ditunda