Kementan Tunjuk Bombana Jadi Pusat Pembibitan Jambu Mete di Sultra

Suasana rapat koordinasi pemantauan bersama kebun bibit/nursery tanaman perkebunan Kabupaten Bombana, di Rumah Jabatan Bupati Bombana, Jumat 26 Maret 2021. (Foto Agus)

RUMBIA, Rubriksultra.com- Kementerian Pertanian (Kementan) RI menunjuk Kabupaten Bombana untuk dijadikan pusat pembibitan/nursery jambu mete di Provinsi Sultra. Hal ini disampaikan Direktur Pembenihan dan Perkebunan Kementrian Pertanian, M. Saleh Muhtar, dalam rapat koordinasi pemantauan bersama kebun bibit/nursery tanaman perkebunan Kabupaten Bombana, di Rumah Jabatan Bupati Bombana, Jumat 26 Maret 2021.

M. Saleh Muhtar menjelaksan, kunjungannya ke Bombana untuk menindak lanjuti arahan Presiden Joko Widodo dalam rapat internal bersama beberapa waktu lalu. Utamanya terkait peningkatan ekspor dalam bidang perkebunan.

- Advertisement -

Untuk mengimplementasikan arahan tersebut, pihaknya diminta perlu mengadakan pusat pembibitan. Pilihan jatuh ke Kabupaten Bombana untuk membangun nursery jambu mete tersebut.

“Kami pilihlah Bombana untuk dijadikan lokasi yang tepat untuk tempat nursery jambu mete, dan Pak Bupati siap untuk menyiapkan lahan,” katanya.

Sekretaris Kabinet Asisten Deputi Bidang Pertanian, Ketahanan Pangan, Riset dan Teknologi, Ida Dwi Nilasari menambahkan, tim Kementan hadir untuk melihat kesiapan dan progres pembangunan, serta permasalahan yang terjadi.

“Tentunya kami ingin melihat kesiapan dan keseriusan Pemkab Bombana,”tuturnya.

Hal senada disampaikan Asisten Deputi Sarpras Pangan dan Agrobisnis Kemenko Perekonomian, Ismariny. Kata dia, target pembibitan yang bakal disalurkan berjumlah cukup fantastis. Kisarannya mencapai 10 hingga 20 juta bibit per lokasi.

Hal ini pun menjadi tujuan pemerintah pusat untuk melakukan pemantauan. Diharapkan Kabupaten Bombana bisa menjadi cikal bakal industri jambu mete serta menjadi pendorong ekonomi khususnya di wilayah Sultra.

“Selain itu, kami meminta agar Pemda setempat mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk mengelolah ini, sehingga kita bisa targetkan kedepannya. Insya Allah berbekal nursery ini, dapat dikembangkan menjadi industri mete, juga bisa menjadi salah satu pendorong ekonomi disini untuk meningkatkan PAD,”singkatnya.

Baca Juga :  BPBD Bombana Diminta Sigap Turunkan Bantuan di Lokasi Bencana

Bupati Bombana, H. Tafdil, dalam sambutanya mengatakan, Pemkab Bombana sangat mendukung apa yang menjadi arahan Presiden Jokowidodo melalui deputinya.

Ia pun mengaku bangga dan termotivasi dengan dipilihnya Bombana sebagai pusat pembibitan jambu mete ini.

Dengan adanya kebun pembibitan itu, ia berharap dapat meningkatkan ekonomi masyarakat dan memberikan masukan PAD Bombana.

“Kami dari pemda akan mempersiapkan yang dibutuhkan oleh pemerintah pusat, saya juga meminta agar dibantu sehingga bisa optimal,”pungkasnya. (adm)

Peliput : Agus Saputra

Facebook Comments