Jembatan Buton Muna Mulai Dibangun Tahun Depan

Gubernur Sultra, H.Ali Mazi saat membuka acara Pertandingan Olahraga dalam Rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-57 Provinsi Sultra di Kantor Dinas Cipta Karya, Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sultra, Senin 5 April 2021. (Foto Istimewa)

KENDARI, Rubriksultra.com- Gubernur Sultra, H. Ali Mazi menegaskan pembangunan Jembatan Pulau Buton-Muna (Jembatan Tona) di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) direncanakan mulai dibangun pada 2022 mendatang. Seluruh dokumen pendukungnya dinyatakan telah siap.

“Kita sedang mengupayakan pembangunan berbagai infrastruktur yang dapat menyatukan seluruh wilayah Provinsi Sultra. Insya Allah tahun depan, pembangunan Jembatan Tona sudah akan dimulai karena seluruh dokumen pendukungnya sudah siap,” kata H.Ali Mazi dalam sambutan tertulisnya saat membuka acara Pertandingan Olahraga dalam Rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-57 Provinsi Sultra di Kantor Dinas Cipta Karya, Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sultra, Senin 5 April 2021.

- Advertisement -

Selain Jembatan Tona, perencanaan jembatan yang akan menghubungkan Pulau Sulawesi dengan Pulau Muna juga saat ini sedang digarap. Pada tahun 2021 ini, penyusunan dokumen studi kelayakan pembangunan jembatan itu sudah dimulai.

“Dengan terbangunnya kedua jembatan tersebut, maka seluruh wilayah Sultra dapat terhubung. Hal ini diharapkan berimplikasi pada peningkatan ekonomi wilayah sehingga Sultra akan lebih maju dan masyarakat menjadi lebih sejahtera,” katanya.

Pembangunan kedua jembatan yang akan menautkan wilayah Sultra merupakan implementasi dari strategi pembangunan yang diusung AMAN (Ali Mazi-LukmanAbunawas), yakni Garbarata (Gerakan Akselerasi Pembangunan Daratan dan Lautan/Kepulauan).

“Wilayah Provinsi Sultra sangat luas dan terdiri dari banyak pulau. Oleh karena itu, di era kepemimpinan saya selaku Gubernur bersama Wakil Gubernur Bapak Lukman Abunawas, mengusung konsep Strategi Garbarata,” jelasnya.

Dengan strategi ini, pembangunan di Sultra dapat menjangkau seluruh wilayah di provinsi ini, dan hasil-hasil pembangunan dapat dinikmatiseluruh lapisan masyarakat.

Terkait dengan peringatan HUT Sultra tahun ini, pemerintah Provinsi (pemprov) Sultra mengusung tema “Melalui Garbarata Bersatu Kita Bangkit Menuju Sultra Maju, Sejahtera, dan Bermartabat.

Baca Juga :  Marak Calo Tiket di Pelabuhan Kendari, DPRD Sultra Minta Syahbandar Tegas

“Tema ini menjadi pelecut spirit bagi seluruh komponen di daerah ini untuk terus bersatu dan melangkah bersama secara sinergis dalam upaya percepatan pembangunan daerah,” kata Gubernur.

Untuk dapat melaksanakan pembangunan di Sultra, dibutuhkan SDM yang handal, yang didukung oleh kondisi kesehatan aparatur yang prima, mulai dari pejabat sampai dengan staf.

Berkaitan dengan itu, pada peringatan ulang tahun Provinsi Sultra kali ini, diadakan beberapa pertandingan olahraga, yang diikuti oleh semua OPD. Selain itu dimaksudkan menjaga kekompakan dan kebersamaan dalam menjalankan tugas sehari-hari. (adm)

Facebook Comments