Pemkot Baubau Luncurkan Aplikasi Smart UMKM

173
Sekda Baubau, Dr Roni Muhtar saat memberikan sambutan peluncuran aplikasi smart UMKM di hotel Hing Amimah, Selasa 6 April 2021. (Foto Ady)

BAUBAU, Rubriksultra.com- Pemerintah Kota Baubau meluncurkan aplikasi Smart UMKM sebagai solusi pemasaran secara online bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Aplikasi ini dapat diunduh di playstore di ponsel masing-masing.

Sekretaris Daerah (Sekda) Baubau, Dr Roni Muhtar mengatakan, aplikasi smart UMKM tersebut merupakan bentuk kemajuan teknologi di lingkup Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Aplikasi itu dinilai sangat membantu para pelaku UMKM.

Ini adalah langkah yang bagus, semoga memberi efek ekonomi yang luar biasa. Ini juga merupakan wujud inovasi pemerintah yang dilakukan Dinas koperasi dan UKM didalam memfasilitasi pelaku UMKM di kota Baubau. Semoga bisa dimanfaatkan baik-baik,” kata Dr Roni Muhtar, di hotel Hing Amimah, Selasa 6 April 2021.

Kata dia, di masa perubahan saat ini, pemerintah memang perlu memacu diri dalam pemanfaatan IT. Dengan kemajuan teknologi aplikasi Smart UMKM ini bisa sangat membantu dalam menyelaraskan diri pada aktifitas hidup termasuk berbisnis maupun berwirausaha.

Plt Kepala Dinas Koperasi dan UKM Baubau, Muh Salman mengungkapkan, aplikasi tersebut sengaja dibuat untuk solusi bagi pelaku UMKM agar lebih mudah dalam memasarkan produknya.

Kata dia, semua masyarakat bisa menjadi user dan mudah memanfaatkan aplikasi untuk memasarkan produknya.

“Ide membuat aplikasi itu datang dari kami untuk menjawab tantangan yang ada selama ini bahwa dalam hal pemasaran produk UMKM. Makanya kami membuat aplikasi itu,” katanya.

Kata Muh Salman, aplikasi Smart UMKM itu tidak jauh berbeda metode pemasarannya semacam aplikasi Bukalapak dan yang lainnya. Sebab metode transaksinya berbasis online.

“Hari ini ada sekitar 60 pelaku UMKM diundang untuk mengikuti pelatihan, semua perwakilan UMKM baik olahan makanan, minuman sampai tenunan khas Buton,” tutupnya. (adm)

Baca Juga :  Jam Kerja ASN Baubau Dikurangi Selama Ramadan

Laporan : Ady

Facebook Comments