Pemkab Bombana Dapat Bantuan TPS3R dari Kementerian LHK

Tim DLH Provinsi Sultra bersama pemerintah Desa Baliara Selatan saat meninjau lokasi TPS3R. (Foto Agus)

RUMBIA, Rubriksultra.com- Pemerintah Kabupaten Bombana mendapatkan bantuan berupa berupa Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, dan Recycle (Mengurangi, menggunakan, dan daur ulang) atau TPS3R dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI. Bantuan ini diberikan melalui perpanjangan tangan Dinas Lingkungan Hidup (DLH)  Provinsi Sultra.

Bantuan TPS3R ini salah satunya difokuskan di Kecamatan Kabaena Barat. Camat Kabaena Barat, Musmuliadi, mengatakan sudah semestinya program TPS3R berada di wilayahnya, karena kondisi sampah di Kabaena khususnya Kabaena Barat sangat memprihatinkan.

- Advertisement -

Musmuliadi pun sangat bersukur dengan hadirnya TPS3R. Bantuan yang dipadukan dengan inovasi pengolahan sampah dinilai sebagai sesuatu yang berguna dan bisa menyelesaikan masalah sampah di wilayahnya.

“Kita tidak tahu solusi apa yang bakal dilakukan untuk mengatasi masalah sampah ini. Nah, dengan hadirnya program TPS3R dari kementrian ini, semoga persoalan sampah di Kabaena Barat bisa teratasi,” tuturnya.

Kepala Desa Baliara Selatan, Wirman mengatakan, pengelolaan TPS3R ini akan dikomunikasikan dengan beberapa desa terdekat. Paling tidak dibuatkan Peraturan Desa (Perdes) sebagai bentuk kerjasama antar desa, utamanya soal retribusi sampah.

“Dengan Perdes bersama, maka akan dibentuk tim dan tugasnya adalah memungut sampah-sampah yang ada dan dikumpul di tempat pembuangan akhir,” katanya

Ia berharap dengann adanya program TPS3R, masyarakat bisa berperan aktif dan proaktif dalam menjaga kebersihan lingkungan, dan membuang sampah pada tempatnya. (adm)

Penulis : Agus Saputra

Facebook Comments
Baca Juga :  DPRD Bombana Temukan Selisih Laporan PAD Dalam Pembahasan LKPJ