Indeks Pertumbuhan Ekonomi Baubau Naik 5 Persen

Ibnu Wahid

BAUBAU, Rubriksultra.com- Indeks pertumbuhan ekonomi Kota Baubau mulai menunjukkan peningkatan yang cukup baik. Periode Januari-Maret, pertumbuhan ekonomi Baubau naik dikisaran 3-5 persen.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Baubau, Ibnu Wahid mengatakan, angka itu berada di posisi yang sudah cukup bagus. Hal itu menunjukan geliat ekonomi sudah mulai bergerak tumbuh.

- Advertisement -

Kata dia, meningkatnya pertumbuhan ekonomi tersebut disebabkan baiknya dukungan seluruh pihak serta masyarakat dalam menanggulangi Covid-19 sehingga Kota Baubau telah keluar dari zona merah. Dengan begitu, semua pusat perbelanjaan mulai diizinkan beroperasi.

Dibukanya pusat perbelanjaan tentu dengan menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) yang ketat. Baik di pasar tradisional maupun pasar modern, dimana antara penjual dan pembeli wajib menggunakan masker ketika transaksi jual beli.

“Alhamdulillah pertumbuhan ekonomi di Kota Baubau cukup bagus, angkanya berada diposisi 3 sampai 5 persen. Hal itu disebabkan pemerintah pusat mulai membolehkan wilayah zona kuning dan hijau melakukan aktivitas di luar,” ujar Ibnu Wahid, di Kantor Wali Kota Baubau, Senin 17 Mei 2021.

Kata dia, Pemerintah Kota Baubau optimis seluruh masyarakat bisa membantu pemulihan pandemi covid-19 dengan mendukung program vaksinasi.

Kata Ibnu Wahid, meningkatnya pertumbuhan ekonomi saat ini juga didongkrak dari sektor perdagangan. Geliat itu nampak terlihat dari cukup tingginya arus muat barang dari daerah-daerah cakupan kepulauan Buton dari hari ke hari.

“Pergerakannya cukup tinggi sebab episentrum perekonomiannya berada di Kota Baubau,” tandasnya.

Selain sektor perdagangan, destinasi wisata juga diharapkan bisa menyumbang persentase peningkatan perekonomian di Kota Baubau. Tentu dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dengan menyediakan tempat cuci tangan dan mewajibkan pengunjung menggunakan masker.

“Pemkot Baubau mengizinkan objek wisata dibuka dengan harapan dapat meningkatkan perekonomian. Kami prediksi pertumbuhan ekonomi pada April-Juni 2021 akan semakin baik karena belanja modal APBD sudah mulai berjalan,” pungkasnya. (adm)

Baca Juga :  Tahun Ini, Jalan Lingkar Ditembuskan ke Waborobo

Laporan: Ady

Facebook Comments