Dimasa Pandemi, UHO Kendari Cetak 37 Apoteker

Rektor UHO, Prof. Muh. Zamrun saat memberikan sambutan pada kegiatan pengambilan sumpah janji dan pelantikan apoteker angkatan III di Hotel Claro, Selasa 25 Mei 2021. (Foto Istimewa)

KENDARI, Rubriksultra.com- Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari meluluskan 37 orang apoteker angkatan III. Ke-37 Apoteker ini sekaligus mengikuti pelantikan dan pengambilan sumpah/janji Apoteker Fakultas Farmasi UHO, Selasa 25 Mei 2021.

Rektor UHO, Prof. Muh. Zamrun mengucapkan terima kasih kepada profesi apoteker karena telah menyelenggarakan pendidikan profesi apoteker dengan baik.

- Advertisement -

“Di masa pandemi ini kita harus merancang sistem baru bagaimana mengusahakan agar semua proses pendidikan termasuk juga profesi apoteker bisa lancar sehingga tidak ada yang tertunda,” katanya.

Kata dia, pandemi saat ini memiliki tantangan bagi pihak UHO baik rektor, dosen beserta jajarannya maupun mahasiswa. Tetapi mahasiswa dipastikan dapat menerima harkatnya dengan baik.

“Pandemi sudah satu tahun lebih, namun Alhamdulillah di UHO semua kegiatan bisa berjalan dengan lancar walaupun aktifitasnya kita maklumi juga paling 60 sampai 70 persen, tapi kita semua berusaha untuk menyesuaikan itu,” katanya.

Zamrun menilai kelulusan ini adalah pencapaian luar biasa, apalagi 37 orang apoteker angkatan III ini lulus dengan tingkat kelulusan 80 persen.

“Artinya ini suatu pencapaian luar biasa buat pendidikan apoteker di Universitas Halu Oleo,” katanya.

Dekan Fakultas Farmasi, Dr. Ruslin menambahkan, setiap angkatan pasti melakukan pengambilan sumpah bagi yang sudah seluruh melalui tahapan akademik dan ditandai dengan kelulusan ujian kompetensi apoteker nasional.

“Jadi walaupun sudah melalui tahapan akademik, kalau misalnya pada saat ujian kompetensi tidak lulus maka dia tidak bisa sumpah dan tidak berhak menerima ijasah apoteker maupun sertifikasi kompetensi yang dikeluarkan oleh Komite Farmasi Indonesia atau Ikatan Apoteker Indonesia,” katanya.

Namun ke-37 apoteker yang telah dinyatakan lulus atau diambil sumpah merupakan mahasiswa terbaik di UHO dan siap mengembang tugas sebagai tenaga kefarmasian untuk memenuhi kebutuhan layanan di bidang kesehatan khususnya kefarmasian di Sultra maupun di Indonesia.

Baca Juga :  Pemkot Kendari Akan Berlakukan Tiga Hari Tetap di Rumah

“Kami sangat bertanggung jawab terhadap kualitas yang kami lahirkan ini, dan mudah-mudahan pemerintah daerah baik di tingkat provinsi maupun Kota, dan di Indonesia bisa memanfaatkan alumni untuk memenuhi kebutuhan layanan kefarmasian,” katanya.

Ditambahkan, berkas yang diterima oleh 37 Apoteker Angkatan III yakni, berkas ijazah, Sertifikasi Apoteker Kompetensi, Surat Sumpah, Transkrip, dan STRA.

“Jadi mereka ini sudah mulai bisa memberikan layanan kefarmasian, apakah membuka praktek sudah kita serahkan semuanya, seluruh hak mereka kita sudah serahkan. Baik yang dikeluarkan oleh UHO sebagai penyelenggara maupun instansi yang ada di pusat, karena Serkom itu bukan kita yang keluarkan tapi dari Komite Farmasi Indonesia,” tandasnya. (adm)

Facebook Comments