UHO Genjot Akuntabilitas Kinerja Tenaga Pendidik

Ir. Haris Sumarno

KENDARI, Rubriksultra.com- Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari terus berbenah meningkatkan kualitas sebagai universitas negeri di Bumi Anoa. Salah satunya dengan menggenjot akuntabilitas kinerja tenaga pendidik yang dimiliki.

Upaya tersebut dituangkan dalam bentuk workshop penyelarasan sasaran kerja pegawai tenaga kependidikan dengan indikator kinerja utama yang dilaksanakan di Same Hotel Kendari, Rabu 2 Juni 2021.

- Advertisement -

Ketua Panita Pelaksana Workshop, Ir. Haris Sumarno mengatakan, workshop tersebut memiliki manfaat yakni meningkatkan akuntabilitas kinerja. Selain itu dapat dijadikan analisis jabatan, evaluasi jabatan dan bisa menjadi dasar untuk pemberian reward serta punishment bagi setiap Aparatul Sipil Negara dalam hal ini tenaga kependidikan UHO.

“Tentunya dalam kegiatan workhsop ini untuk meningkatkan kinerja para pegawai tenaga kependidikan di lingkup UHO,” katanya.

Kata dia, indikator utama dalam kinerja institusi atau Institusi UHO dituangkan dalam rencana strategis. Namun hal ini belum terelaborasi ke bawah sehingga hasilnya belum terlihat utamanya yang berkaitan dengan tenaga kependidikan.

“Olehnya kita ingin menunjukkan keterkaitan antara indikator kinerja institusi atau indikator utama kinerja institusi itu sebenarnya dapat dilaksanakan sampai kelevel paling bawah, karena salah satu predikat akuntabilitas kinerja yang memuaskan salah satunya adalah bahwa indikator kinerja institusi itu dapat diturunkan sampai ke level paling bawah, nah ini yang kita lakukan,” katanya.

Ia berharap tenaga kependidikan UHO dapat merumuskan hasil kerja atau dokumen kinerja melalui kegiatan ini. Dengan begitu bisa menunjukkan bahwa dokumen tersebut dapat berhubungan dengan indikator utama institusi.

Ir. Haris Sumarno menambahkan, kegiatan tersebut berlangsung selama tiga hari mulai dari tanggal 1 hingga 3 Juni 2021. Kegiatan dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat agar proses kegiatan workshop dapat berjalan dengan lancar. (adm)

Facebook Comments
Baca Juga :  Pemkot Kendari Tunda Sekolah Tatap Muka