Pemkot Baubau Gagas Kampung Iklim di Gonda Baru

Ibnu Wahid

BAUBAU, Rubriksultra.com- Kampung Iklim yang digagas Pemerintah Kota Baubau masuk kategori utama dalam database penilaian Kementerian Lingkungan Hidup (KLH). Kampung iklim ini dipusatkan di Kelurahan Gonda Baru, Kecamatan Sorawolio.

“Alhamdulillah, dari database yang sudah diverifikasi, kita masuk kategori 81. Artinya seluruh komponen kegiatannya kami sudah sampai di posisi 81 dan sudah masuk kategori utama,” kata Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Baubau, Ibnu Wahid, di kantornya, Senin 7 Juni 2021.

- Advertisement -

Kata dia, penilaian awal ini diasistensi Balai Penelitian Lingkungan Hidup di Sulawesi Selatan secara virtual. Hasil verifikasi dan validasi data itu menempatkan Baubau masuk dalam kategori utama.

Rencananya, tim dari KLH akan langsung menyambangi Baubau pada Agustus mendatang untuk melakukan verifikasi secara faktual semua komponen penilaian yang ada. Verifikasi ini untuk memastikan kelayakan Kampung Iklim Baubau mendapatkan kategori utama.

“Komponen penilaian telah kita rampungkan sejak jauh hari. Mulai dari komposter atau pengolahan sampah organik rumah tangga melalui pengomposan dengan memanfaatkan tong bekas yang dibenamkan ke dalam tanah, sampai masyarakat melakukan penanggulangan emisi iklim,” katanya.

Penanggulangan emisi iklim ini melibatkan seluruh masyarakat setempat termasuk perangkat adat atau parabela. Caranya dengan memberikan maklumat kepada masyarakatnya agar selalu menanam pohon dan tidak membolehkan masyarakat untuk menebang pohon.

“Maklumat itu diamini oleh masyarakat. Termasuk, komponen pendukung lainnya adalah Kelurahan Gonda Baru menjadi salah satu kelurahan penyuplai tanaman hias,” katanya. (adm)

Laporan : Ady

Facebook Comments
Baca Juga :  Aksi Balap Liar di Baubau Didominasi Pelajar