Kementan Bantu Rp 500 Juta Bangun Usaha Jalan Tani di Buteng

Razudin

LABUNGKARI, Rubriksultra.com- Kementerian Pertanian (Kementan) membantu pembangunan jalan usaha tani di Kabupaten Buton Tengah (Buteng). Alokasi anggaran pembangunan senilai Rp 500 juta.

“Dari kementerian satker pusat kita dapat lima titik jalan usaha tani untuk lima desa, di Desa Kanapa-napa, Desa Mone, dan tiga desa lainnya, yang jelas lima titik. Masing-masing desa Rp 100 juta,” kata Kepala Dinas Pertanian Buteng, Razudin, di ruang kerjanya, Senin 7 Juni 2021.

- Advertisement -

Pembangunan jalan usaha tani ini sesuai petunjuk pusat langsung dikelola kelompok tani di masing-masing desa. Pelaksanaan pembangunan bersifat swakelola, dimana anggarannya ditransferkan langsung ke kelompok tani.

“Jadi kelompok tani sendiri yang melakukan pekerjaan itu. Saat ini sudah berjalan, dan kita instansi teknis hanya memberikan bimbingan dan pengawasan,” katanya.

Kata dia, kementerian melibatkan langsung kelompok tani sebagai salah satu upaya pemulihan ekonomi nasional. Dengan begitu, kelompok tani dapat diberdayakan.

Selain bantuan pusat, Pemkab Buteng juga mendapatkan bantuan dari Satker Provinsi Sultra. Berupa satu titik embung yang digunakan untuk mengatur dan menampung suplai aliran air hujan serta untuk meningkatkan kualitas air, di Kelurahan Lakudo dan irigasi air tanah di Desa Kanapa-napa untuk mendukung tanaman holtikultura.

“Kita juga memiliki program yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Diantaranya irigasi di Desa Air Bajo, jalan usaha tani di Desa Lakapera dan jalan produksi di Desa Lalibo,” tandasnya. (adm)

Facebook Comments
Baca Juga :  Bupati Buteng Bakal Selidiki Track Record Pejabat Calon Sekda