Pelaku Pariwisata di Baubau Diminta Kreatif

Suasana pelatihan keamanan dan keselamatan kepada pelaku pariwisata, di Hotel Mira, Selasa 16 Juni 2021. (Foto Ady)

BAUBAU, Rubriksultra.com- Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mendorong pelaku usaha pariwisata di Kota Baubau untuk menciptakan terobosan baru dan ide-ide kreatif. Terobosan diperlukan untuk meningkatkan pariwisata di daerah, khususnya di Kota Baubau.

Analis Kebijakan Ahli Madya Kemenparekraf, Arius SM Hutahaean mengatakan, ide kreatif dalam meningkatkan pariwisata daerah tentunya harus sesuai standar. Utamanya pelayanan keamanan dan keselamatan bagi wisatwan.

- Advertisement -

“Standarisasi ini perlu dimiliki mulai dari pemandu, alat, maupun sarana dan prasarana yang disediakan,” kata Arius SM Hutahaean secara virtual saat pelatihan keamanan dan keselamatan kepada pelaku pariwisata, di Hotel Mira, Selasa 16 Juni 2021.

Kata dia, pemandu harus berlisensi yang dikeluarkan lembaga sertifikasi profesi yang berkompeten. Mengenai peralatan harus disediakan pengelolan sesuai SOP.

“Harus layak dan baik sehingga servis yang diberikan kepada wisatawan memberikan rasa aman, tidak terjadi sesuatu. Semua ini demi kemajuan pariwisata kita, jadi tolong dukungan semua pihak untuk kemajuan pariwisata khususnya di Baubau,” tandasnya.

Sekretaris Dinas Pariwisata Kota Baubau, Moh Abduh menuturkan, keamanan dan keselamatan di destinasi wisata itu harus melibatkan semua pihak baik masyarakat sampai unsur keamanan. Hal itu sangat penting untuk menciptakan kualitas, sebab urutan pertama dalam Sapta Pesona yaitu aman, kemudian disusul tertib, bersih, sejuk, indah, ramah, dan kenangan.

“Keamanan dan keselamatan pada destinasi wisata ini sangat penting di dunia bisnis pariwisata. Sebab, jika tidak aman dan tertib, maka tidak akan ada wisatawan yang berkunjung pada objek wisata yang ada di Kota Baubau,” katanya

Kata dia, untuk memacu kunjungan turis, pihaknya terus berupaya menciptakan lingkungan dan suasana kondusif, yang mampu mendorong tumbuh dan berkembangnya industri pariwisata.

Baca Juga :  Hadiri Rakerda KNPI, Sekda Sultra Motivasi Pemuda di Baubau

“Dengan adanya kegiatan ini menjadi bukti bahwa Pemkot Baubau begitu serius untuk menciptakan keamanan, keselamatan dan kenyamanan wisatawan,” tukasnya. (adm)

Laporan : Ady

Facebook Comments