Benteng Keraton Wolio Masuk Nominasi API Award 2021

Tampak atas Benteng Keraton Buton (Foto Antara)

BAUBAU, Rubriksultra.com- Benteng Keraton Wolio, Kota Baubau masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2021 kategori destinasi situs sejarah. Benteng Keraton Wolio akan bersaing dengan sembilan destinasi lainnya di Indonesia.

Kota Baubau sendiri mengajukan tiga potensi wisatanya di ajang API Award 2021. Masing-masing Muara Lakalogou untuk kategori destinasi surga tersembunyi, Benteng Keraton Wolio kategori destinasi situs sejarah dan Ikan Molo kategori makanan tradisional.

- Advertisement -

“Dari tiga potensi wisata yang diusul, Benteng Keraton berhasil masuk kategori destinasi situs sejarah. Kita nominator urutan pertama bersaing dengan sembilan daerah lainnya,” kata Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Baubau, Ali Arham, di Hotel Mira, Senin 21 Juni 2021.

Ali Arham mengatakan, API Award merupakan rangkaian kegiatan tahunan yang diselenggarakan untuk membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap pariwisata Indonesia. Sekaligus mendorong peran serta berbagai pihak dalam mempromosikan pariwisata.

“Selain itu dapat mengembangkan ekonomi kreatif secara langsung, nyata dan masif ditiap daerah,” katanya.

Kata, Ali Arham, Benteng Keraton akan bersaing dengan Candi Ijo di Kabupaten Sleman, Istana Mini Banda Naira Kabupaten Maluku Tengah, Megalitik Batu Brak Kabupaten Lampung Barat, dan destinasi Megalitik Besemah Kota Pagaralam.

Kemudian, Museum Buya Hamka Kabupaten Agam, Situs Gajah Mada Kabupaten Sabu Raijua, Taman Arkeologi Onrust Kabupaten Kepulauan Seribu, Taman Narmada Kota Mataram dan Tundrumbaho Kabupaten Nias Selatan.

“Olehnya dukungan masyarakat diharapkan bisa mengantarkan Benteng Keraton Wolio meraih posisi pertama pada ajang API Award 2021 kategori tersebut. Persaingan akan dilakukan dengan sistem pemungutan suara (voting),” tandasnya.

Dikatakan, masyarakat dapat memberikan dukungan untuk Benteng Keraton Wolio dengan cara mengirim foto-foto Benteng Keraton lalu tag instagram @ayojalanjalanindonesia.

Bisa juga melalui SMS dengan ketik API12A kirim ke 99386 dan melalui Youtube Channel APIaward caranya kunjungi channel API Award di youtube.com lalu masuk ke tab playlist/video dan pilih video nominasi Benteng Keraton Wolio, kemudian klik tombol subscribe dan like.

Baca Juga :  Masyarakat Gonda Baru Baubau Diimbau Ikut Program Vaksinasi

“Vote dibuka serentak pada Kamis 1 Juli sampai dengan 31 Oktober 2021,” tandasnya. (adm)

Laporan : Ady

Facebook Comments