Dispora Baubau Batal Dilebur

Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kota Baubau, Yaya Wirayahman

BAUBAU, Rubriksultra.com- Rencana peleburan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Baubau dibatalkan. Lantaran fungsi Dispora Baubau dinilai cukup vital dan strategis untuk tetap berdiri sendiri.

Sekretaris DPRD Baubau, Yaya Wirayahman mengatakan, pembatalan peleburan disepakati dalam rapat pembahasan bersama antara DPRD dan Pemkot Baubau.

“Dalam Raperda Perubahan OPD, sejumlah OPD yang diusulkan untuk digabung itu adalah Dinas Pertanian dan Dinas Ketahanan Pangan, sementara itu pembentukan OPD baru itu yakni Badan Pendapatan Daerah yang memisahkan diri dari BPKAPD. Sedangkan Dispora dipertahankan tetap berdiri sendiri karena fungsinya memang cukup vital, cukup strategis,” kata Yaya Wirayahman, di kantor DPRD Baubau, Selasa 22 Juni 2021.

Kata dia, alasan Dispora tidak dilebur karena banyak program terkait pembangunan sarana dan prasarana olahraga sementara berproses, baik di kementerian maupun di tingkat provinsi. Termasuk persiapan Porprov Sultra 2022 mendatang.

Sementara untuk Dinas Kebudayaan yang rencananya berdiri sendiri untuk mendukung visi misi pemerintahan Tampil Manis yakni menjadikan Kota Baubau yang maju, sejahtera dan berbudaya juga tidak dilanjutkan.

“Karena SDM-nya harus dipersiapkan terlebih dahulu sebelum Dinas Kebudayaan dibentuk. SDM di bidang kebudayaan ini kan tidak mudah, harus cukup spesifik kompetensinya, khususnya ASN yang akan bertugas nantinya. Sehingga untuk sementara, masih tetap bergabung dengan dinas pendidikan sambil menunggu waktu yang tepat,” tuturnya.

Ditambahkan, rapat pembahasan terkait Raperda Perubahan OPD ini akan dilanjutkan pekan depan. (adm)

Laporan : Ady

Facebook Comments
Baca Juga :  Pemkot Baubau Jajaki Pengalihan Kerjasama dengan Lippo dan RS Siloam