Geger Penemuan Bayi di Kawasan Benteng Keraton Buton

50866
Petugas Puskemas Melai saat memberikan perawatan medis kepada bayi perempuan yang diduga dibuang orangtua kandungnya di pelataran Baruga Keraton Buton, Jumat 25 Juni 2021. (Foto Arianto dan Heri)

BAUBAU, Rubriksultra.com- Warga Kelurahan Melai, Kota Baubau digegerkan dengan penemuan seorang bayi di kawasan Benteng Keraton Buton. Bayi tersebut diduga dibuang orang tuanya yang diperkirakan belum lama setelah dilahirkan, Jum’at malam 25 Juni 2021.

Bayi dengan jenis kelamin perempuan itu ditemukan seorang remaja 18 tahun bernama Asti Oktaviani sekira pukul 22.00 Wita, tepatnya di depan Masjid Agung Keraton.

Asti bercerita, saat berjalan pulang, ia mendengar tangis bayi dari arah baruga keraton yang menjadi jalan pintas menuju rumahnya. Saat itu ia sedikit ragu dan pulang memberitahu orangtuanya.

“Awalnya saya mendengar suara tangis bayi ketika dalam perjalanan pulang, namun karena ada suara anjing menggonggong, saya takut dan pulang memberitahukan bapak saya. Bersama bapak, kami kembali untuk mengecek dan ternyata itu adalah bayi,” ungkap Asti.

Kapolsek Murhum, Ipda Helga Reza Deatama membenarkan adanya penemuan bayi perempuan di sekitar Baruga Keraton Buton.

“Berdasarkan informasi dari warga ada penemuan bayi perempuan, kemungkinan besar baru lahir,” ungkapnya.

Saat ditemukan, bayi dalam kondisi bersih. Bayi tersebut kini sudah berada di Puskesmas Melai untuk mendapat perawatan medis.

“Sementara ini kita akan melakukan penyelidikan lebih lanjut guna untuk mengetahui siapa orang tua bayi itu. Untuk saksi-saksi, kita sudah mintai keterangan,” tutupnya. (adm)

Laporan : Arianto dan Heri

Facebook Comments
Baca Juga :  Pemkot Baubau Anggarkan Rp 500 Juta Belanja Itik