Tuntaskan Masalah Pemutakhiran Data, KPU dan Pemkab Buton Tingkatkan Sinergitas

Wabup Buton, Iis Elianti (kiri) dan Ketua KPU Buton, Burhan saat rapat koordinasi bersama KPU Buton, di aula Oputa Yi Koo, Kantor KPU Kabupaten Buton, Senin 28 Juni 2021. (Foto Istimewa)

PASARWAJO, Rubriksultra.com- Permasalahan pemutakhiran data yang dihadapi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buton menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten Buton. Sinergitas akan terus ditingkatkan untuk mengatasi permasalahan itu secara bersama.

Wakil Bupati Buton, Iis Elianti menegaskan akan segera menindaklanjuti permasalahan KPU Kabupaten Buton sesegera mungkin.

- Advertisement -

Mantan Anggota DPRD Buton ini berharap agar semua element masyarakat dari tingkat bawah agar bersama-sama saling membantu, bekerja sama dan saling kooordinasi .

“Permasalahan KPU ini merupakan permasalahan kita semua. Jadi mari kita bersama-sama dengan rasa tanggung jawab membantu menyelesaikan permasalahan ini,” kata Iis Elianti saat mengikuti rapat koordinasi bersama KPU Buton, di aula Oputa Yi Koo, Kantor KPU Kabupaten Buton, Senin 28 Juni 2021.

Ketua KPU Buton, Burhan menyampaikan, rakor tersebut untuk menindaklanjuti pemutakhiran data yang harus terus diupdate dan disampaikan ke masyarakat luas secara berjenjang.

“Mengingat seringkali adanya perbedaan data KPU dan data yang ada di lapangan, maka KPU merekomendasikan beberapa hal di antaranya, perlu adanya rumusan kebijakan pengadministrasian atau prosedur pengurusan penerbitan akta kematian yang murah, simple dan mudah,” katanya.

Ia berharap para kepala desa dan lurah yang mewakili ahli waris dalam pelaporan kematian warga kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Buton dapat dilakukan secara optimal.

“Kematian setiap warga harus dilaporkan dengan menyiapkan dokumen pendukung seperti KTP, KK dan Surat Keterangan Kematian, dan Surat Keterangan Penguburan terutaman bagi warga yang berdomisili di Kabupaten Buton,” tandasnya. (adm)

Facebook Comments
Baca Juga :  Sambangi Warga Buton dan Busel, Umar Arsal Buka Layanan Kesehatan dan Sunatan Massal Gratis