Koperasi di Baubau Didorong Transformasi Layanan ke Sistem Digital

Ilustrasi logo koperasi. (Foto Int)

BAUBAU, Rubriksultra.com- Sebanyak 190 koperasi yang tercatat aktif di Kota Baubau didorong untuk mentransformasikan layanannya ke sistem digital. Transformasi ini untuk menunjang keberlangsungan koperasi di era digitalisasi.

Plt Kepala Dinas Koperasi dan UKM Baubau, Muhammad Salman Siradjudin menjelaskan, tranformasi ini juga bertalian dengan tema Hari Ulang Tahun (HUT) Koperasi ke-74 yang jatuh pada 12 Juli 2021.

- Advertisement -

Tema besar yang diusung pada HUT kali ini yaitu, “Transformasi Digital Koperasi Menuju Bisnis Modern yang Kuat dan Bermartabat dengan tagline Digitalisasi Menuju Koperasi Modern”.

“Jadi mau tidak mau, koperasi di Baubau juga harus bertransformasi ke layanan digital ini,” katanya.

Kata dia, untuk mendorong layanan ini, pihaknya akan fokus meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) pada koperasi. Sehingga koperasi lebih memiliki daya tahan di tengah terpaan pandemi Covid-19.

“Alhamdulillah juga, koperasi di Baubau sebagai masuk salah satu yang terbaik dari 17 kabupaten/kota. Hal itu disebabkan dari 240 Koperasi, ada 190 Koperasi yang aktif berkoperasi melakukan Rapat Anggota Tahunan (RAT),” katanya.

Untuk 50 koperasi lainnya, pihaknya akan mendorong agar tetap aktif berkoperasi melalui pelatihan berkelanjutan. (adm)

Laporan : Ady

Facebook Comments
Baca Juga :  Pemkot Baubau Komitmen Kembangkan Wilayah Pesisir