Bantuan Sosial Tunai Warga Buteng Segera Cair

274
Abidin

LABUNGKARI, Rubriksultra.com- Sebanyak 4.542 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kabupaten Buton Tengah (Buteng) masuk dalam penerima Bantuan Sosial Tunai (BST). BST periode Juli-September ini akan segera dicairkan.

Kepala Dinas Sosial Buteng, Abidin mengatakan, jumlah ini disampaikan melalui Kantor Pos Indonesia.

“Sementara dari Kemensos belum ada penyampaian. Kita juga sementara menunggu juknis dari Kemensos terkait proses penyalurannya,” katanya.

Kata dia, penentuan jumlah penerima seluruhnya ditetapkan Kemensos. Dinsos Buteng hanya mengusulkan penerima melalui Pusat Data dan Informasi (Pusdatin).

“Kemensos lalu mengambil data tersebut dan dicocokan dengan NIK di Dukcapil, khan saat ini bantuan seluruhnya berbasis NIK,” katanya.

Abidin menjelaskan, berdasarkan informasi yang diterima, rencananya penyaluran BST tahap ini bukan hanya berupa uang tunai, namun juga ditambah dengan 10 kilogram beras setiap KPM.

Informasi tersebut diperkuat dengan kedatangan Bulog yang menyampaikan kepada Dinsos Buteng bila mereka ditunjuk untuk penyaluran beras itu.

“Untuk jumlah uang tunainya kami juga belum mengetahui karena sementara menunggu juknis, tapi kalau berdasarkan penyaluran sebelumnya, uang tunai sebelumnya itu Rp 300 ribu per KPM per bulan. Semoga sama dengan periode ini,” katanya.

Abidin berharap penyaluran BST tahap ini bisa dilaksanakan secepatnya, apalagi umat muslim sebentar lagi merayakan Idul Adha 1442 Hijiriah. (adm)

Facebook Comments
Baca Juga :  La Andi Pimpin KONI Buteng