Dies Natalis ke-40, UHO Makin Maju

59
Rektor UHO, Prof. Muh Zamrun, saat upacara Dies Natalis UHOke-40 secara live zoom di Gedung Sport Centre UHO. (Foto Istimewa)

KENDARI, Rubriksultra.com- Perjalanan Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari kini genap berusia 40 tahun tepat pada 19 Agustus 2021. Diusianya yang ke-40 ini, UHO akan terus berbenah, memacu diri untuk berkembang, dan makin maju.

Rektor UHO, Prof.Muhammad Zamrun mengatakan, membangun UHO tidak bisa sendiri. Dibutuhkan semangat bersama untuk membangun UHO agar semakin baik, besar dan luas.

“Semua harus berkontribusi memajukan dan membangun keunggulan di UHO. Mari bekerjasama dan bersatu membangun UHO ini melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat sehingga kontribusi UHO semakin nyata di masa yang akan datang,” kata Prof. Muh Zamrun, saat upacara Dies Natalis UHOke-40 secara live zoom di Gedung Sport Centre UHO.

Kata dia, UHO menjadi tumpuan harapan bagi masyarakat sebagai kampus terbesar di Sulawesi Tenggara. Saat ini juga UHO telah menjadi tujuan bagi seluruh masyarakat yang ada di kesatuan Republik Indonesia.

“Makanya kita berharap UHO semakin maju dan berkembang ke depan, sehingga memberikan layanan yang prima, layanan yang maksimal khususnya di bagian pendidikan tinggi bagi masyarakat di Sulawesi Tenggara,” katanya.

Saat ini, UHO terus berbenah diri mulai perubahan paradigma akreditasi perguruan tinggi maupun program studi sesuai peraturan akreditas nasional. Dulunya A,B,C, sekarang berubah menjadi Baik, Baik sekali, dan Unggul.

Disebutkan, dari 111 program studi yang ada di UHO, mulai dari D3 sampai dengan S3, yang terakreditasi A sekitar 26, akreditasi Unggul terdapat 3, terakreditasi B terdapat 63, akreditasi Baik Sekali terdapat 2, sedangkan yang terakreditasi Baik terdapat 4 prodi, dan C sebanyak 8 prodi.

Di masa pendemi, proses perkuliahan dilaksanakan secara daring dengan memanfaatkan teknologi informasi. Salah satunya melalui blender learning dengan menggunakan fasilitas pada sistem pembelajaran daring yang ada di UHO.

Baca Juga :  FKIP Psikologi UHO Hadirkan Program Dukungan Sosial di Lapas Kendari

Begitu juga penerimaan mahasiswa baru, hampir semua dilakukan secara online dengan memanfaatkan teknologi dan informasi. Proses penerimaan mahasiswa baru, mulai dari SNMPTN, SBMPTN, sampai dengan seleksi mandiri telah selesai dilakukan.

Setiap tahun UHO juga berusaha meningkatkan publikasi ilmiah. Ke depan publikasi akan semakin ditingkatkan.

“Untuk yang internasional sampai Agustus 2021 ini, kita sudah punya hampir 300. Jumlah ini meningkat dibandingkan tahun lalu yang sampai Desember hanya 200. Ini menunjukkan peningkatan yang sangat bagus dan saya sebagai pimpinan UHO berusaha memberikan semacam reward walaupun tidak terlalu besar,” katanya.

Dibidang penelitian, dosen muda terus disemangati untuk berinovasi memberikan gagasan dan membuka gagasan serta idenya, sehingga semuanya dapat berjalan dengan baik.

UHO juga terus menggenjot prestasi mahasiswa baik prestasi akademik maupun non akademik. Seperti PIMNAS, Siminas, lomba robot, lomba olahraga, dan lain sebagainya yang langsung difasilitasi kampus. (adm)

Facebook Comments