Pemkot Baubau Rencana Kerjasama Sister City dengan Cina

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Baubau, Ibnu Wahid

BAUBAU, Rubriksultra.com- Pemerintah Kota Baubau berencana mengadakan kerjasama dengan Cina dalam bentuk sister city. Tujuannya untuk menjalin hubungan budaya, kontak sosial antarmasyarakat dan sebagai atribut mengusung Benteng Wolio menjadi cagar budaya dunia.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Baubau, Ibnu Wahid mengaku telah menyerahkan dokumen usulan kerjasama kepada Duta Besar Cina untuk Indonesia Xiao Qian.

- Advertisement -

Dokumen yang sama juga telah ditembuskan kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno. Termasuk Dirjen Kebudayaan Kemendikbud, Hilmar Farid, agar semuanya dapat hadir pada hari jadi Kota Baubau, 17 Oktober 2021 mendatang.

“Diharapkan semua hadir. Saya sudah serahkan kemarin ke Menteri Pariwisata, Dirjen Kebudayaan Kemendikbud. Kemudian kita akan hadirkan juga duta besar Cina agar kita menggiring Benteng Wolio ber-sister city dengan tembok besar Cina. Itu juga sebagai atribut dalam rangka kita mengusung Benteng Wolio menjadi cagar budaya dunia,” katanya.

Ibnu Wahid mengatakan, Menteri Sandiaga Uno juga mengamini Benteng Wolio sebagai destinasi wisata dunia.

“Memang rencana besar Pemerintah Kota Baubau kesitu,” katanya.

Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup ini menambahkan, sejak Kemendikbud mengukuhkan Benteng Wolio menjadi cagar budaya nasional, pihaknya lalu berupaya mengusulkan Benteng Wolio agar diakui UNESCO sebagai warisan dunia.

“Jadi sekarang betul-betul kita lakukan persiapan. Tahun depan kita mulai tahapan-tahapan dalam rangka menunjang Benteng Wolio sebagai warisan dunia. Hal yang paling krusial disiapkan disamping penataan juga atribut, tangible, cagar budaya, makam dan seterusnya,” pungkasnya. (adm)

Laporan : Ady

Facebook Comments
Baca Juga :  Amirul Tamim tak Setuju Pelabuhan Murhum Baubau Dikelola Swasta